by

4 Alasan Pentingnya Ibu Mengetahui Kalkulator Kehamilan

Kehamilan adalah salah satu momen yang paling ditungu-ditunggu oleh para orangtua. Tak heran, setiap ibu selalu menggunakan segala cara agar mengetahui bagaimana pertumbuhan dan perkembangan anaknya di dalam kandungan. Salah satu cara yang selalu ditempuh para ibu adalah selalu menggunakan kalkulator kehamilan. Merupakan cara perhitungan yang dilakukan agar ibu bisa mengetahui banyak hal tentang kehamilannya.

Kehadiran kalkulator ini tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi para ibu. Pasalnya, Anda bisa menghitung kapan hari perkiraan lahir. Meskipun sebetulnya hal ini bisa dilakukan langsung melalui bidan yang bekerjasama, namun tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan sendiri. Apalagi, untuk melakukan perhitungannya pun sangat mudah. Anda bisa menggunakan aplikasi khusus yang disediakan atau mengunjungi situs-situs yang memasang fitur penggunaan kalkulator untuk kehamilan ini. Bahkan, tak jarang yang menghitungnya secara manual.

Setidaknya ada beberapa alasan penting, kenapa ibu hamil mesti tahu kegunaan dan manfaat yang dihadirkan oleh kalkulator kehamilan. Lantas, apa saja manfaatnya tersebut?

Mengetahui Usia Kehamilan

Salah satu hal yang jarang diketahui pasti oleh sang ibu adalah ketika proses pembuahan berlangsung. Padahal, proses itulah yang bisa digunakan untuk menghitung usia kehamilan. Hal itu dikerenakan, usia bayi di dalam kandungan akan dihitung dari sejak pertama kali pembuahan di dalam rahim.

Biasanya, usia kehamilan atau usia bayi dalam kandungan hingga lahir adalah sekitar 38 minggu. Dihitung dengan awalnya pada masa pembuahan. Karena adanya ketidaktahuan sang ibu kapan pembuahannya dilakukan, kerapkali mereka jadi kebingungan sudah berapa lama usia kandungannya.

Adanya kalkulator kehamilan bisa membantu sang ibu untuk menentukan hal tersebut. Meskipun Anda tidak tahu kapan proses pembuahannya berlangsung, namun kalkulator tersebut bisa membantu menghitung berapa usia kehamilan Anda. Atau, berapa usia bayi di dalam kandungan. Namun, Anda harus tahu kapan hari pertama kali saat haid terakhir berlangsung. Itu bisa menjadi acuan untuk perhitungannya.

Mengetahui Hari Perkiraan Kelahiran

Mengetahui hari perkiraan kelahiran bayi tentunya akan menjadi hal yang menyenangkan. Pasalnya, ibu akan senantiasa mempersiapkan segalanya untuk menyambut kelahiran sang buah hati. Memang, ketika Anda memeriksakan diri sendiri ke bidan atau ke dokter kandungan, HPL ini akan diketahui. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba mencari tahunya sendiri.

Hal itu dikarenakan, kalkulator untuk kehamilan ternyata tidak berfungsi untuk menghitung usia kehamilan saja. Bahkan bisa digunakan juga untuk mengetahui kapan hari perkiraan lahir bayi di dalam kandungan Anda. dengan begitu, dalam satu hitungan Anda sudah bisa mengetahui 2 hal sekaligus.

Tahu Kapan Trimester Awal Hingga Akhir

Seperti yang diketahui, umumnya ibu hamil akan merasakan gejala-gejala asing dan perubahan lainnya ketika sedang mengalami kehamilan. Apalagi, gejala tersebut seringkali berbeda dari mulai trimester awal hingga akhir. Adanya kalkulator kehamilan bisa membantu Anda mengetahhui kapan Anda masuk trimester awal hingga trimester lainnya. Dengan mengetahui hal ini, tentunya Anda bisa lebih tanggap dalam menghadapi kemungkinkan gejala yang akan dirasakan nantinya.

Tahu Berat Badan Bayi dalam Kandungan

Mengetahui berat badan bayi dan membandingkannya dengan berat badan bayi normal nampaknya perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa sehat perkembangan bayi dalam kandungan. Tak hanya itu, ibu pun akan tahu berapa kisaran normal untuk pertambahan berat badannya baik si bayi dalam kandungan, maupun sang ibu itu sendiri. Rupanya, kalkulator kehamilan pun bisa membantu agar Anda bisa mengetahui hal tersebut dengan mudah.

Beberapa manfaat yang dihadirkan oleh kalkulator untuk kehamilan tentu bisa dijadikan alasan mengapa penting sekali agar Anda tahu dan mau menggunakannya. Untuk menggunakan alat tersebut, Anda bisa memilih Halodoc. Merupakan aplikasi solusi kesehatan di era digital yang serba praktis dan fleksibel. Bahkan selain penggunaan kalkulator kehamilan, Anda juga bisa konsultasi langsung dengan dokter ahlinya melalui fitur chat/video call. Dapatkan juga informasi menarik seputar kesehatan hingga solusi terbaik untuk kesehatan Anda dan keluarga.

News Feed