by

5 Cara Menghilangkan Plak Gigi Baru Menggunakan Garam

Sudah ribuan tahun garam difungsikan sebagai obat dari beragam penyakit maupun yang masih sebatas gejala. Di antara banyak khasiat, peran garam sangat manjur ketika digunakan untuk menghilangkan plak gigi yang masih baru. Cara menghilangkan plak gigi dengan garam tidak memerlukan waktu lama. Beberapa cara di bawah ini masih sangat efektif.

  1. Kombinasikan dengan Air Hangat

Akan lebih baik hasilnya ketika Anda menggunakan air yang lebih dulu dimasak hingga mendidih. Sebelum turun suhunya, campurkan dengan garam dapur. Kalau bisa, pilih jenis garam yang halus, ya. Misalnya garam meja. Setelah itu, tunggu agak dingin. Bisa diselingi dengan baca buku, menonton video durasi 30 menit, dan aktivitas lain.

Setelah berubah suhunya menjadi hangat, gunakan larutan garam untuk kumur-kumur. Setelah kumur-kumur sebentar, lanjutkan dengan menyikat gigi secara teratur hingga menyeluruh. Setelah selesai, gunakan sisa larutan garam tadi untuk kumur-kumur kembali. Lanjutkan dengan beraktivitas seperti biasanya.

  1. Kombinasikan dengan Pasta Gigi

Meskipun plak giginya masih baru, tetap harus menggunakan pasta gigi khusus. Bukan pasta gigi yang biasa digunakan. Untuk memperkuat efek penyembuhan plak gigi Anda, kombinasikan garam dengan pasta gigi tersebut. Caranya dengan membuat larutan atau campuran antara keduanya. Tak perlu banyak-banyak, asalkan sudah tercampur rata.

Misalnya ambil setengah sendok teh garam dan campurkan pasta gigi secolek saja atau secukupnya. Gunakan cara menghilangkan plak gigi ini seusai makan, sebelum tidur, setelah bangun tidur, serta sebelum berangkat kerja. Ada bonus tertentu jika Anda rutin menggunakan cara ini, yakni bau mulut yang semula menguar secara berangsur-angsur hilang.

  1. Kombinasikan dengan Lidah Buaya

Di dunia kecantikan, peran lidah buaya sangatlah kompleks. Bisa untuk membuat seseorang tampil lebih cantik, rambut jadi lebih tebal dan halus, dan sebagainya. Saat dikombinasikan dengan garam, rupanya bisa pula difungsikan untuk merontokkan karang gigi yang masih baru dalam waktu yang relatif cepat.

Hal tersebut bisa terjadi karena lidah buaya memiliki kandungan antimikroba. Cara membuat campurannya tinggal ambil ½ sendok the garam plus lendir lidah buaya. Aduk atau campurkan hingga membentuk pasta. Kemudian Anda gunakan untuk menggosok gigi setiap kali bangun tidur, sebelum berangkat kerja, serta menjelang tidur.

  1. Campurkan dengan Minyak Kelapa

Perlu diperhatikan, bahwa minyak kelapa yang disebutkan di sini bukan minyak sayur, ya. Akan tetapi minyak kelapa ekstra virgin yang memang selama ini difungsikan sebagai pembersih gigi. Jadi sangat efektif ketika digunakan untuk menghilangkan plak gigi, apalagi yang masih baru terbentuk. Bagaimana cara bikinnya?

Mula-mula, ambil kurang lebih ½ sendok teh garam. Campurkan dengan minyak kelapa ekstra virgin. Terapkan ke bagian gigi yang ada plak-nya secara menyeluruh. Lakukan aktivitas ini selama dua kali dalam sehari. Jangan ada jeda hari sebelum karang gigi Anda hilang dan gigi kembali putih.

  1. Kombinasikan dengan Jus Lemon

Selain enak, menyegarkan, dan nikmat disantap ketika di siang hari yang panas, jus lemon juga mampu menghilangkan plak gigi ketika dikombinasikan dengan garam. Ambil sekiranya ½ sendok the garam. Campurkan dengan jus lemon sampai membentuk pasta. Oleskan ke gigi Anda secara merata. Diamkan beberapa menit atau sekitar 15 menit biar lebih efektif. Lalu kumur-kumur dan bersihkan dengan air hangat.

Terbukti, bahwa garam memang mampu menghilangkan beragam penyakit. Termasuk plak gigi yang selama ini seringkali membuat banyak orang kesulitan mencari obatnya. Selama menerapkan cara menghilangkan plak gigi tersebut, harap untuk kumur-kumurnya menggunakan air hangat, ya. Jangan air dingin agar gigi mudah beradaptasi.

News Feed