by

6 Keistimewaan Puasa Ayyamul Bidh

-Agama-14 views

Puasa Ayyamul Bidh, merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk semua umat muslim didunia. Meskipun terbilang puasa sunnah, akan tetapi puasa Ayyamul Bidh  memiliki banyak keistimewaan.

Rasullah Saw, dulunya gemar sekali melakukan ibadah sunnah yang satu ini. Pasalnya Ayyamul Bidh sendiri memiliki riwayat yang konon katanya sama saja seperti puasa di sepanjang tahun. Atau satu harinya dalam puasa Ayyamul Bidh sama seperti 10 hari.

Adapun keistimewaan lain yang inysallah akan didapat jika melaksanakan puasa Ayyamul Bidh, berikut daftar keistimewaannya.

1. Sama Seperti Puasa Sepanjang Tahun

Keistimewaan pertama dari puasa Ayyamul Bidh yaitu sama saja seperti melakukan puasa disepanjang tahun. Lantas hal itu diterangkan dalam hadis yang berbunyi “Puasa dalam tiga hari dalam sebulannya sama saja seperti puasa satu tahun” hadis riwayat Bukhari.

2. Tiket Surga Ar-Rayyan

Keistimewaan yang satu ini didasari dengan beberapa hadis yang menyebut, bahwa ahli puasa akan mendapatkan tempat khusus di surganya Ar-Rayyan. Begitu pula dengan puasa sunnah seperti Ayyamul Bidh.

Kebenaran tersebut disokong dengan satu hadis yang berbunyi “Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang bernama Ar-Rayyan, yang kelak nanti akan dimasuki oleh orang orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat.”

Maka dari itu, janji Allah SWT tentang kebenaran seseorang yang suka berpuasa tidak pernah luput dari kebohongan.

3. Pahalanya Berlipat Ganda

Untuk seseorang muslim yang sering melakukan ibadah sunnah seperti puasa Ayyamul Bidh, akan mendapatkan ganjaran setimpal akibat ketekunannya tersebut. Hal itu tak terlepas dari kata “Pahala.”

Sampai ada satu hadis yang berbunyi “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untukku. Aku sendiri yang akan membalas nya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat makanan karena ku. Bagi orang yang berpuasa dia akan mendapatkan dua kebahagian ketika ia berbuka dan kebahagiaan ketika bertemu Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum disisi Allah dari pada bau minyak kasturi.” HR. Muslim.

4. Benteng Dari Api Neraka

Seseorang muslim yang taat akan perintah Allah SWT, pasti akan mendapatkan kelimpahan didunia dan juga akhirat. Hal tersebut juga tak terlepas untuk umat muslim yang rajin berpuasa, seperti halnya puasa Ayyamul Bidh. Inysallah pada ketetapannya, ahli puasa akan mendapatkan lindungan serta benteng kuat dari api neraka.

5. Keberkahan Dalam Hidup

Dalam melakukan berbagai aktifitas, pastinya seseorang akan banyak mengalami kejadian. Tetapi dalam hidup seseorang yang rajin berpuasa, akan lebih berkah dan gembira. Disetiap harinya, ia akan lebih sabar, tenang, bahkan juga berpikiran sehat.

Adapun hal itu, sama saja seperti melakukan puasa Ayyamul Bidh, keistimewaan tersebut juga lahir dan hadir untuk seseorang yang melaksanakan ibadah sunnah tersebut dengan sabar dan ikhlas. Insyaallah keberkahan hadir untuk umat muslim yang menjalankan.

6. Penjaga Hawa Nafsu

Puasa merupakan media untuk urusan menjaga hawa nafsu. Keistimewaan yang mungkin tidak ada pada hal lainnya dimuka bumi. Sepanjang pagi sampai magrib, seseorang yang berpuasa akan menjaga hal itu dengan sebaik-baiknya.

Maka dari itu media puasa tersebut sangat dianjurkan untuk semua muslim diseluruh dunia. Pasalnya, akan sangat baik untuk kesetaraan dan menghindari kesenjangan antara satu dan yang lainnya.

Nah itu tadi 6 Keistimewaan Puasa Ayyamul Bidh, serta informasi mengenai niat puasa ayyamul bidh, barang siapa yang suka dan taat dalam melakukan ibadah sunnah seperti Ayyamul Bidh, niscaya ia akan selalu berkah dan dilundingi dalam dunia dan diakhirat kelak.

News Feed