by

7 Cara Agar Anak Tidak Mengakses Film Dewasa Lewat Internet

Memiliki anak yang akan memasuki usia remaja, Anda tentu mulai mengkhawatirkan banyak hal. Ada banyak tantangan untuk orangtua di zaman internet yang sudah canggih seperti saat ini, salah satunya akses yang mudah ke situs-situs film dewasa.

Sebagai orangtua, Anda tentu ingin anak tidak sampai terkontaminasi dengan berbagai tontonan film dewasa lewat internet. Pastikan Anda memiliki cara yang tepat untuk mencegah hal tersebut dengan baik sejak awal.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, agar si kecil tidak mengakses tontonan film dewasa: 

  • Berikan pengertian yang tepat.

Saat usia anak sudah cukup, tidak ada salahnya untuk memberi pengertian tentang hal tersebut kepada mereka. Anda perlu membiasakan untuk memberikan sex education kepada anak Anda.

Gunakan bahasa yang tepat dan mudah dipahami oleh anak Anda. Berikan pengertian pada anak bahwa mereka belum cukup umur untuk mengakses tontonan tersebut. 

  • Blokir akses pada smartphone.

Jika anak Anda sudah memiliki smartphone sendiri, maka mereka tentu bisa menggunakannya dengan bebas untuk berbagai hal. Selalu ada peluang anak mengakses film dewasa lewat internet pada smartphone tersebut. 

Anda bisa mengatasi hal ini dengan cara membatasi akses tontonan pada smartphone anak Anda. Lakukan pembatasan ini melalui fitur pengaturan, sehingga anak Anda tidak bisa mengakses berbagai konten dewasa di sana. 

film dewasa lewat internet

  • Awasi anak dalam batas yang wajar

Jangan lupa untuk selalu mengawasi anak Anda, terutama di dalam pergaulan mereka. Anda perlu memastikan bahwa anak Anda bergaul dengan orang-orang yang tepat dan bisa menjadi teman mereka.

Namun lakukan hal ini dalam batas yang wajar, sehingga anak Anda tetap merasa nyaman dan tidak tertekan di dalam pergaulannya. 

  • Batasi akses sosial media

Sosial media tentu bukan lagi hal yang asing untuk kebanyakan orang, termasuk anak Anda juga. Anda mungkin tidak bisa melarang anak Anda menggunakan sosial media ini.

Jika anak Anda sudah memiliki akun sosial media sendiri, maka pastikan Anda tidak membiarkannya terlalu bebas. Anda perlu mengawasinya dan memberikan batasan yang jelas terkait penggunaan sosial media ini. 

  • Bangun komunikasi yang sehat dengan anak

Jangan lupa untuk membiasakan diri berkomunikasi dengan anak Anda. Hal ini bisa Anda lakukan dengan membangun komunikasi yang baik dan sehat sejak awal.

Ajaklah anak untuk berdiskusi dan membiasakan diri terbuka pada Anda, sehingga Anda juga bisa mengawasi anak Anda dengan baik, termasuk ketika mereka mengakses layanan internet. 

  • Rekomendasikan tontonan yang tepat

Agar anak Anda tidak mengakses film dewasa lewat internet, Anda perlu merekomendasikan tontonan yang tepat untuknya. 

Rekomendasikan film-film yang sesuai untuk usia anak Anda, tentunya yang mereka sukai dan bisa menarik minat mereka. 

  • Bantu anak fokus pada hal-hal yang lebih positif

Jangan lupa untuk mengalihkan perhatian anak dari tontonan yang belum pantas untuk usia mereka, salah satunya film dewasa. 

Anda bisa membantu anak Anda untuk fokus pada hal-hal positif lainnnya, misalnya: olahraga, kuliner sehat, berkebun, dan yang lainnya. 

Awasi tontonan anak Anda dengan cara yang tepat

Bagi Anda yang memiliki anak usia remaja dan sudah menggunakan smartphone sendiri, pastikan Anda tidak lengah dan membiarkan anak untuk mengakses film dewasa.

Anda bisa mengawasi anak dan membuat mereka lebih fokus pada hal lainnya, terutama untuk kegiatan-kegiatan positif yang lebih berguna.

<<<<>>>>

News Feed