by

7 Ciri-ciri Air Bersih Ini Penting untuk Anda Ketahui

Kita semua tahu bahwa minum air putih secara teratur baik untuk tubuh. Namun sudahkan Anda tahu apa saja ciri-ciri air bersih untuk dikonsumsi?

Untuk lebih pastinya, simak penjelasan di bawah ini.

  • Tidak keruh

Salah satu ciri utama dari air yang bersih dan sehat untuk dikonsumsi adalah kondisi air tidak keruh dan menghasilkan warna yang jernih.

Sebaliknya, jika air tersebut keruh, maka ini adalah indikasi bahwa ada kemungkinan bahwa telah terjadi proses kontaminasi akibat keberadaan zat lain. Biasanya hal ini dapat terjadi karena adanya persinggungan antara tanah maupun pasir, atau bahkan bisa juga terjadinya pencemaran lingkungan.

Bila air telah terkontaminasi, maka dapat sangat berbahaya bagi kesehatan Anda, sehingga selalu pastikan sumber air yang Anda minum adalah berasal dari sumber yang berkualitas.

  • Tidak memiliki warna

Selain air harus jernih, tidak keruh, maka tanda air bersih dan sehat yang selanjutnya, yaitu jangan sampai ada warna lain yang tercampur dalam air tersebut.

Warna yang tercipta dalam air dapat menandakan adanya hal serius yang jika tetap digunakan dapat berujung pada bahaya bagi Anda.

Contoh, pada air yang telah tercemari oleh zat sisa maupun limbah pabrik yang menimbulkan perubahan warna pada air lingkungan.

Sebelumnya telah disebutkan bahwa air yang baik dan sehat dikonsumsi adalah air yang jernih. Jika air menghasilkan warna atau ada warna pada air tersebut, bisa menjadi pertanda bahaya bagi Anda.

Air ini bisa berbahaya bagi Anda karena bisa jadi telah tercemar oleh zat-zat dari limbah pabrik seperti merkuri dan lain-lain.

  • Tidak menghasilkan bau

Ciri lain yang dapat diketahui dari air minum berkualitas adalah tidak memiliki bau. Apabila jika dicium dengan hidung air tersebut memiliki bau, apalagi kalau baunya menyengat, air ini sangat berbahaya untuk dikonsumsi.

Karena ini bisa menjadi indikasi bahwa air yang punya bau telah tercampur dengan zat-zat yang dapat menyebabkan bahaya bagi kesehatan tubuh.

  • Tidak menghasilkan bau

Serangkaian jenis mikroba yang dapat masuk ke dalam tubuh, atau dikenal dengan bakteri pathogen, punya potensi yang besar untuk membawa penyakit bagi tubuh Anda.

Cukup sering ditemui adanya mikroba seperti e-coli pada air yang hadir akibat hasil dari pencemaran lingkungan. Jika air dengan kandungan bakteri ini Anda minum, maka dapat menyebabkan berbagai masalah penyakit seperti pencernaan dan sakit perut.

  • Punya rasa yang tawar

Indikasi air minum yang sehat dan baik untuk dikonsumsi adalah air bersih yang tidak tercemar oleh zat berbahaya, sehingga ketika diraskan oleh lidah pun tidak meninggalkan bekas rasa.

  • Punya suhu yang normal

Sumber air minum yang berkualitas, menghasilkan air bersih dan sehat yang punya tidak terlalu panas tapi juga tidak terlalu dingin di saat yang bersamaan.

Suhu yang tinggi bisa merangsang proses penguapan pada air, sedangkan suhu yang terlalu rendah pun bisa menyebabkan terjadinya proses pembekuan pada air tersebut.

Sebagai gambaran, suhu yang sebaiknya ada pada air minum berkualitas haruslah di antara 10 sampai 25 derajat celcius.

  • Tidak mengandung zat arsenic

Zat arsenic adalah zat kimiawi yang punya potensi besar untuk mencemari lingkungan karena biasanya ditemukan dalam paparan pestisida yang berfungsi untuk membunuh hama yang dikhawatirkan mengganggu pertanian.

Namun jika zat ini sampai kena ke sumber air, maka dapat membuat kondisi air menjadi buruk, dan membuat kontaminasi yang pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit jika sampai dikonsumsi oleh manusia.

Itulah tadi beberapa ciri-ciri air minum bersih yang penting untuk diketahui. Untuk air putih berkualitas selalu pilihlah AQUA, karena kesegarannya tetap terjaga, setiap tetes kemurniannya melalui lebih dari 400 cek kualitas, dan dikemas langsung dari sumbernya.

Tak lupa, AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral dan keberlangsungan sumber air. Dengan demikian, AQUA bisa mengantarkan kebaikan air mineral kepada masyarakat Indonesia.

News Feed