by

Artikel Resep Masakan untuk Menu Ala Restoran

Artikel ini akan sangat bermanfaat untuk ibu-ibu di rumah yang ingin mengkreasikan ide terbaiknya. Kali ini, menu-menu yang dibuat biasanya disajikan di restoran dengan modifikasi ala-ala rumahan. Berikut di antaranya.

  1. Tumis Daging Saus Tiram

Bagi kamu aneka masakan daging sapi ini adalah salah satu hal yang paling disukai. Oleh karena itu kamu bisa coba tumis daging saus tiram.

Siapkan 500 gram daging sapi, lalu campur dengan dua butir telur. Tambahkan dua sendok makan saus tiram, kecap manis, kecap asin, saus tomat, dan satu sendok makan tepung maizena. Aduk merata dan diamkan.

Cincang kasar dua siung bawang putih dan potong-potong empat buah cabai merah, beserta setengah buah bawang bombay. Goreng daging dan setelah kecokelatan, angkat dan tiriskan.

Tumis bawang putih dan masukkan potongan cabai, beserta bawang bombay. Masukkan daging, satu sendok makan saus tiram, kecap manis, setengah sendok teh lada bubuk, dan aduk hingga semuanya merata.

  1. Ikan Nila Kuah Kuning

Siapkan ikan nila yang sudah dicuci bersih sisiknya, kemudian siram dengan tiga sendok makan air rendaman asam jawa. Tambahkan setengah sendok teh garam atau penyedap rasa. Ratakan, kemudian diamkan selama 10 menit.

Goreng ikan dengan minyak panas. Jangan dibolak-balik dulu jika bagian bawang ikan belum garing. Haluskan tujuh siung bawang merah, lima siung bawang putih, lima butir kemiri, tujuh buah cabai rawit, seruas kunyit, dan 100 ml air.

Tumis bumbu hingga matang, kemudian masukkan 500 ml air, tiga lembar daun salam, satu batang sereh, tiga potong lengkuas, air rendaman asam jawa, dua sendok makan gula, garam, dan penyedap rasa. Potongan ikan yang sudah digoreng bisa dimasak sampai bumbu meresap.

  1. Ayam Saus Teriyaki

Buat saus dengan dua sendok makan saus teriyaki, kecap manis, satu sendok makan saus tiram, setengah sendok teh kaldu jamur, dan lada bubuk. Bumbui 300 gram ayam fillet yang telah dipotong-potong. Potong-potong empat buah cabai hijau dan cabai merah.

Cincang dua siung bawang putih dan potong setengah buah bawang bombay. Tumis bumbu halus, lalu masukkan ayam dan tambahkan sedikit air.

  1. Tumis Ikan Layang Pedas

Bumbui lima ekor ikan layang dengan satu sendok teh garam dan dua buah perasan jeruk nipis. Ratakan ke semua bagian ikan dan diamkan selama 30 menit. Goreng dengan minyak panas sampai matang.

Iris tipis tujuh siung bawang merah dan empat siung bawang putih. Iris serong delapan buah cabai hijau besar dan lima cabai merah keriting. Tumis bumbu sampai layu.

Masukkan tiga potong jahe, lengkuas, dan satu buah tomat yang dipotong-potong. Tambahkan 400 ml air dan ikan yang sudah digoreng. Bumbui dengan tiga sendok teh gula, penyedap rasa, dan garam secukupnya.

  1. Ati Ampela Pedas Manis

Masukkan dua batang sereh dan selembar daun salam, beserta setengah sendok teh garam ke dalam satu liter air. Rebus satu kilogram ati dan ampela ayam. Haluskan enam siung bawang merah, empat bawang putih, lima butir kemiri, lima buah cabai rawit, tiga buah cabai keriting, dan seruas jahe.

Tumis bumbu sampai matang, kemudian masukkan ati ampela yang sudah direbus. Tambahkan 450 ml dan bumbui dengan penyedap rasa atau garam. Dengan menu dari artikel resep masakan ini, ati ampela pedas yang sederhana siap disajikan.

  1. Omelet Buncis

Siapkan 180 gram buncis, kemudian buang ujungnya dan potong-potong. Geprek tiga siung bawang putih dan cincang. Kocok tiga butir telur dengan kaldu bubuk dan garam.

Tumis bawang putih dan potongan buncis sampai layu. Setelahnya, masukkan kocokan telur dan balik agar matang merata. Setiap sisinya dijaga supaya tidak terlalu garing.

  1. Ikan Kembung Balado

Bersihkan sisik dan bagian dalam ikan, kemudian marinasi dengan bumbu atau jeruk nipis. Goreng sebentar sampai matang.

Ulek lima cabai merah keriting, dua cabai rawit, tiga siung bawang merah, dan dua siung bawang putih. Tumis sebentar, kemudian bumbui sambal dengan gula, garam, dan penyedap rasa. Ikan kembung balado yang biasanya disajikan di restoran-restoran saung, bisa diolah sendiri dengan artikel resep masakan kali ini.

Itulah beberapa menu ala restoran yang sebenarnya memiliki teknik masak sederhana. Bersumberkan artikel resep masakan ini, ibu-ibu di rumah dapat menyajikan rasa terbaik dari setiap masakannya untuk anak-anak, beserta seluruh anggota keluarga.