by

Bagaimana Proses Pengajuan Klaim Asuransi Jiwa

Pastinya setiap orang mempunyai risiko untuk sakit ataupun bisa kehilangan sesuatu yang berharga di masa yang akan datang. Karena ada salah satu hal yang dapat dilakukan agar meminimalisir risiko di atas yakni dengan melalui kepemilikan asuransi. Klaim asuransi juga dapat membantu penggunanya akan terlindung dari berbagai risiko yang tidak akan diinginkan sebelum misalnya seperti kehilangan harta benda, mengalami kebakaran, bahkan sampai kecelakaan.

Namun sayangnya masih banyak orang yang berpikir bahwa kebutuhan akan asuransi tidak mendesak ataupun tidak penting untuk dipunyai. Pastinya pola pikir itu juga harus diubah karena siapapun dan dimana pun bisa mengalami risiko terserang penyakit, kemudian bisa terkena risiko kehilangan benda berharga, ataupun terkena bencana yang tidak bisa diduga. Untuk itu, supaya kamu lebih memahami tentang asuransi sampai dengan proses klaimnya, saya juga sudah merangkum ulasannya dibawah ini.

Apa sih yang dinamakan Klaim Asuransi?

Klaim asuransi merupakan tuntutan dari pihak tertanggung sebab adanya kontrak perjanjian antara tertanggung dengan pihak asuransi untuk menjamin pembayaran ganti rugi selama tertanggung melakukan pembayaran premi yang telah dilakukan selama ini. Praktisnya, klaim asuransi ialah permohonan resmi yang diajukan kepada pihak penyedia layanan asuransi agar melakukan pembayaran kepada penerima asuransi.

Cara Klaim Asuransi Agar Bisa Disetujui

Mungkin diantara kita adalah salah seorang yang menggunakan jasa asuransi, dan pastinya kita juga berhak melakukan klaim asuransi sesuai dengan jenis asuransi yang digunakan dan dimiliki. Karena setiap asuransi biasanya mempunyai cara klaim yang hampir sama sesuai dengan jenis asuransi yang telah gunakan atau dimiliki.

Cara Klaim pada Layanan Asuransi Jiwa

Untuk asuransi jiwa dapat membantu nasabah saat melakukan pengobatan terutama yang telah berbiaya besar seperti misalnya dilakukan tindakan operasi. Maka pihak perusahaan asuransi terbaik umumnya memiliki berbagai produk asuransi jiwa didalamnya. Misalnya seperti perubahan asuransi PFI MEGA Life yang memiliki produk asuransi jiwa dan masih banyak lagi produk asuransi lainnya. Untuk prosedur pengajuan klaim asuransi jiwa di PFI MEGA Life dan asuransi lainnya, maka kamu juga bisa mengikuti langkah di bawah ini:

Yang pertama pastikan polis asuransi jiwa yang kamu punya masih aktif dengan rutin membayar premi asuransi jiwa tersebut.

Kemudian yang kedua pastikan penyakit yang hendak kamu klaim tersebut tidak termasuk dalam pengecualian yang telah ditetapkan sebelumnya. Sebab polis asuransi jiwa juga menerapkan pengecualian pada jenis-jenis penyakit atau kondisi yang tidak termasuk dalam cakupan perlindungan yang akan diberikan. Misalnya seperti penyakit HIV/AIDS ataupun, kemudian biaya untuk barang-barang di luar alat seperti barang tisu, serta biaya non obat seperti misalnya suplemen dan juga vitamin.

Selanjutnya yang ketiga kamu dapat menyimpan seluruh tanda bayar transaksi pengobatan jika memang nantinya ada keperluan reimbursement.

Berikutnya yang keempat jangan pernah menunda proses klaim karena kebanyakan perusahaan asuransi juga hanya menerima klaim untuk perlindungan jiwa tidak lebih dari 30 hari setelah kejadian menimpa kamu.

Dan yang terakhir setelah mengirimkan formulir klaim serta dokumen pendukungnya, kemudian perusahaan asuransi akan melakukan pengecekan kelengkapan dokumen yang kamu sertakan yang kemudian akan dikonfirmasi kepada pihak nasabah. Jika dokumen kamu sudah lengkap dan klaim diterima, maka perusahaan asuransi juga akan membayarkan dana pengobatan kamu sesuai dengan manfaat perlindungan yang tertera dalam polis tersebut.

Nah, itu dia tadi proses pengajuan klaim asuransi jiwa, dan untuk produk asuransi lainnya juga Caranya hampir sama.

News Feed