by

Beberapa Cara Mudah Membersihkan Kerak pada Kaca Akuarium yang Kotor

Memelihara ikan di dalam akuarium memang bukan hobi yang asing. Banyak orang melakukannya, bahkan anak kost juga kadang punya akuarium kecil di dalam kamarnya!

Kebanyakan, sih, orang memiliki hobi ini karena menyukai keindahan dari ikan hias yang dipelihara. Selain itu, memelihara ikan di dalam akuarium, tuh, jauh lebih mudah ketimbang memelihara jenis hewan lain yang bisa berkeliaran ke mana-mana.

Selain memelihara ikan hias, beberapa orang juga menekuni hobi ini karena dapat berkreasi sesuka hati dalam mendesain tampilan akuariumnya. Selain memperindah tampilan akuarium, nih, keberadaannya juga mempercantik interior rumah kita sebagai bagian dekorasi.

Pemilik akuarium pasti pernah melihat noda kerak yang menumpuk pada kacanya. Jika akuarium sering dibersihkan dan dikuras, sih, hal ini tidak akan menjadi masalah besar.

Namun, beda cerita jika kamu malas membersihkan kerak pada kaca akuarium. Biasanya lama-kelamaan kaca akuarium akan terlihat buram dan membuat isinya tidak kelihatan. Nah inilah beberapa cara membersihkan kerak pada aquarium yang kotor yang harus kamu ketahui sebagai berikut:

1. Pembersih Kaca Akuarium

Sebenarnya cara paling mudah untuk terhindar dari masalah ini adalah sering membersihkan dan menguras isi akuarium. Namun, memang hal ini cukup melelahkan jika harus sering dilakukan.

Mencari cara paling mudah? Beli saja pembersih kaca akuarium. Alat ini sangat praktis dan tidak memakan waktu dalam penggunaannya. Namun, kamu harus punya bujet ekstra untuk membelinya di toko spesialis peralatan akuarium.

2. Pembersih Lantai dan Air Hangat

Kalau mencari cara yang lebih ekonomis dari cara pertama, nih, kamu bisa mengganti pembersih khusus kaca akuarium dengan pembersih lantai.

Pembersih lantai lumayan ampuh, kok, untuk membersihkan noda kerak pada kaca akuarium. Namun, cara pengaplikasiannya berbeda dari pembersih khusus kaca akuarium.

Kamu harus siramkan pembersih lantai pada area kaca yang hendak dibersihkan, lalu biarkan selama 20 menit sebelum disiram dan menyikat kerak pada kaca akuarium.

Supaya efektif, nih, sebaiknya gunakan air hangat untuk membilas kaca agar bahan kimia serta bau dari pembersih lantai hilang. Hal ini penting agar tidak meracuni ikan-ikan saat kembali dimasukkan ke ‘rumahnya’.

3. Sitrun dan Air Hangat

Cara alternatif berikutnya adalah menggunakan bahan sitrun, tuh. Sitrun lebih ampuh membersihkan kaca berjamur dan tidak meninggalkan bau serta jejak kimia yang sulit dibersihkan. Namun, kamu harus melakukan cara ini berkali-kali karena efek dari sitrun tidak sekuat pembersih lantai.

4. Pemutih Pakaian dan Air Hangat

Kalau bau karbol atau pembersih lantai menurutmu sulit hilang setelah kaca akuarium dibilas dan digosok, ya, kamu bisa menggunakan alternatif lainnya, yaitu pemutih pakaian.

Ternyata pemutih pakaian bukan hanya dapat mengangkat noda pada pakaian, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kaca akuarium.

Cara pengaplikasiannya sama saja, kok, sebaiknya kamu kombinasikan pemutih pakaian dengan detergen agar noda kerak lebih mudah dibersihkan.

5. Pasta gigi

Kalau memang cuma memiliki perlengkapan seadanya, sih, kamu juga bisa membersihkan kaca akuarium menggunakan pasta gigi. Meski biasa digunakan untuk membersihkan gigi dan menghilangkan bau mulut, rupanya pasta gigi cukup efektif digunakan sebagai pembersih kaca akuarium.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, tuh. Kamu cukup bilas seluruh permukaan kaca dengan air bersih. Lalu oleskan pasta gigi ke permukaan yang berkerak dan diamkan selama beberapa menit untuk memberikan kesempatan kepada pasta gigi bereaksi.

Setelah terlihat reaksinya, nih, gunakan spons yang sudah dibasahi air untuk membersihkan kerak pada kaca akuarium. Nah, biar cara ini makin efektif, kamu bisa membuat campuran pasta gigi menggunakan bahan lain seperti soda api, cuka, dan soda kue.