by

Berikut Beberapa Gunung Tertinggi yang ada di Indonesia, Simak!

Sebagai masyarakat Indonesia kita tentunya sudah mengetahui bahwa Indonesia adalah negara yang dianugerahi banyak sekali gunung. Dari sekain banyak gunung tersebut, tentu masing-masing memiliki kelebihannya seperti pemandangan yang luar biasa sebab di atas gunung kita bisa melihat semuanya dan dari atas gunung semua terlihat kecil. Terlepas dari itu banyak sekali negara asing yang iri dengan kekayaan yang dimiliki Indonesia dan salah satunya adalah gunung, maka dari itu kita patut bangga dan ikut serta menjaga alam Indonesia. Kali ini kami akan memberikan informasi seputar beberapa gunung tertinggi yang ada di Indonesia, penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Gunung Puncak Jaya

Kalian tentunya sudah pernah mendengar nama Gunung ini bukan? Ya, Gunung Puncak Jaya adalah salah satu gunung tertinggi yang dimiliki Indonesia. Gunung Puncak Jaya telah banyak diliput oleh TV Sasta ataupun Nasional, dan bahkan TV luar negeri. Nama lain gunung ini adalah Cartenzs Pyramid yaitu sebutan yang diberikan oleh para pendaki yang jatuh cinta terhadap Gunung Puncak Jaya. Ketinggan gunung ini yaitu 4.884 mdpl, gunung ini adalah gunung Situs Warisan Dunia dari UNESCO, sebagai gunung tertinggi di Indonesia.

2. Gunung Puncak Mandala

Gunung tertinggi selanjutnya yaitu Gunung Puncak Mandala yang memiliki ketinggian 4.670 mdpl, dimana ketinggian tersebut merupakan ketinggian dibawah Gunung Puncak Jaya yang berarti Gunung Puncak Mandala adalah gunung tertinggi kedua. Gunung ini juga merupakan jajaran dari pegunungan Jayawijaya dan gunung ini memiliki nama lain yaitu Juliana Top atau Puncak Juliana yang terkenal ketika penjajahan Belanda berlangsung. Puncak Gunung ini dilapisi oleh salnju, tetapi sangat disayangkan karena pemanasan global maka salju di puncak gununng Mandala telah menghilang. Keberadaan Gunung Puncak Mandala sendiri berada di Papua lebih tepatnya di Kabupaten Bintang.

3. Gunung Puncak Trikora

Gunung Puncak Trikora adalah salah satu gunung tertinggi yang ada di posisi ketiga di Indonesia setelah Gunung Puncak Mandala. Gunung Puncak Trikora memiliki ketinggaian 4.750 mdpl, yang sedikit lebih rendah dari Gunung Puncak Mandala. Nama lain dari gunung ini adalah Gunung Wilhelmina yang terletak di Papua Barat. Keunikan dari gunung ini yaitu memiliki kawasan hutan seperti Hutan Montane, Hutan Ericaceous, dan Hutan Dipterokarp Atas. Maka dari itu banyak sekali yang menyukai gunung ini, dan titik awal pendakian dari gunung ini yaitu terletak di kota Dani teptanya di Lembah Baliem Wamena.

4. Gunung Ngga Pilimsit

Masih ada Gunung Ngga Pilimisit yaitu gunung yang yang terletak di Provinsi Papua tepatnya pada Pegunungan Maoke. Gunung ini memiliki ketinggian 4.717 mdpl, dengan memiliki nama lain yaitu Gunung Idenburg pada saat jaman penjajahan Belanda. Gunung ini memiliki puncak yang paling sangat dekat dengan puncak Cartenzs Pyramid sehingga kamu dapat menikmati dua pemandangan menakjubkan sekaligus.

5. Gunung Kerinci

Gunung yang akan kami bahas terakhir yaitu Gunung Kerinci yang terletak di Pulau Sumatera, lebih tepatnya di Jambi. Gunung ini adalah salah satu gunung yang masuk dalam Taman Nasional Kerinci Seblat, dengan ketinggian mencapai 3.805 mdpl. Gunung ini pernah meletus pada tahun 2009 lalu, dan sekaligus menjadi letusan terakhirnya di tahun itu.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar beberapa informasi seputar gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Jika kamu ingin menikmati gunung namun malas untuk mendaki maka kamu bisa berkunjung ke gunung yang sudah dijadikan tempat wisata seperti Gunung Bromo dan Tangkuban Perahu.

News Feed