by

Cara Hemat untuk Mendapatkan Obat Sakit Tenggorokan

Perubahan iklim yang terjadi di Indonesia saat ini menjadikan kita rentan terhadap penyakit. Banyak agen atau penyebab yang menjadikan kita mudah terinfeksi, salah satunya adalah virus dan bakteri. Agen tersebut dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh jika kondisi kesehatan tubuh kita menurun. Salah satu kasus yang sering kita temui yaitu sakit tenggorokan. Bila tidak segera diobati sakit tenggorokan dapat mengganggu aktifitas atau bisa menjadi gejala penyakit tertentu. Beberapa bahan disekitar kita yang bisa digunakan sebagai obat sakit tenggorokan salah satunya adalah buah bligo.

Buah yang satu ini biasanya tumbuh liar dan jarang dimanfaatkan. Beberapa daerah menyebut buah ini buah kundur, blonceng, atau winter melon. Buah bligo mengandung kalsium, sodium, magnesium, tembaga, zinc, besi, mangan, fosfor, potassium, selenium dan vitamin C, B1, B2. Kandungan tersebut yang dapat menjadikan bligo mampu meredakan sakit tenggorokan terutama kandungan zinc dan vit C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Lalu bagaimana cara menjadikan bligo obat sakit untuk tenggorokan?

Beberapa cara yang dapat dilakukan:

Menjadikan buah bligo menjadi campuran masakan seperti di sayur

Kupas buah bligo, buang biji buah bligo, potong secukupnya sebagai campuran sayuran seperti sayur asam, sayur bening, sayur sup atau sayur lodeh.

Jus

Kupas buah bligo, buang bijinya, lalu potong kecil-kecil, blender buah hingga halus dengan sedikit tambahan air. Rasa jus ini akan sedikit hambar, Anda bisa menambah sedikit gula sebagai perasa. Konsumsi jus bligo dua kali sehari.

Manisan

Olahan manisan bisa menjadi pilihan karena rasa buah bligo yang kurang familiar dengan cara:

  • Kupas buah, buang bijinya.
  • Potong buah sesuai keinginan jangan terlalu besar dan terlalu kecil.
  • Rendam potongan buah dalam kapur sirih ditambah sedikit garam selama kurang lebih 6 jam.
  • Cuci bersih buah yang sudah direndam.
  • Rebus buah dengan air yang cukup dan tambahkan gula, koreksi rasa.
  • Tambahkan kayu manis atau vanili ekstrak untuk memperkaya rasa.
  • Tambahkan pewarna makanan secukupnya bila perlu.
  • Setelah matang, dinginkan dan masukkan didalam freezer.
  • Manisan siap dikonsumsi sewaktu-waktu.

Selai

Buah bligo juga bisa dijadikan selai dengan cara menghaluskan buah yang sudah di potong dan di buang bijinya dengan sedikit air blender hingga seperti bubur, rebus bubur bligo dengan gula (bisa menggunakan gula putih atau merah) untuk sakit tenggorokan gula merah lebih baik. Simpan selai dalam wadah tertutup. Selai bligo dapat dikonsumsi sebagai selai roti atau diseduh. Jika ingin diseduh tambahkan 1 sendok teh selai bligo dalam 200 ml air hangat.

Selain manfaat yang diberikan, buah bligo memiliki zat yang bernama terpenoid. Zat ini dapat menjadi racun yang menimbulkan rasa pahit dan sedikit kasar. Selain itu, jika dikonsumsi berlebihan dapat merangsang saluran pencernaan dan menyebabkan muntah. Jadi untuk mendapatkan manfaat baik dari bligo pastikan mengolahnya dengan benar dan mengkonsumsi sesuai anjuran.

Mengkonsumsi olahan buah bligo bisa menjadi salah satu pilihan hemat obat sakit tenggorokan. Akan tetapi itu saja tidaklah cukup. Anda harus menjaga asupan cairan dengan banyak minum air putih, dengan minum air putih produksi kelenjar air liur dan kelembapan tenggorokan akan tetap terjaga. Selalu menjaga kebersihan karena seperti diketahui penyebab sakit tenggorokan adalah virus atau bakteri. Selain itu beristirahat yang cukup dan jaga pola makan agar pengobatan sakit tenggorokan dapat maksimal.

News Feed