by

Cara Memasang Fitting Pipa Rubber Ring Joint (RRJ)

Fitting pipa RRJ (rubber ring joint) atau sistem penyambungan pipa menggunakan kerat gelang adalah penyambungan pipa dengan cara yang paling mudah dilakukan daripada menggunakan jenis penyambungan menggunakan lem dan mesin penyambung.

Penyambungan dengan sistem RRJ ini tidak bisa diterapkan pada semua jenis pipa karena hanya bisa untuk pipa dengan tipe RRJ saja. Dan model sambungan ini hanya digunakan pada jenis pipa yang memiliki diameter besar karena cara ini lebih hemat waktu dan biaya daripada dengan menggunakan sistem lem pipa yang tentu akan banyak menggunakan lem.

Singkatnya pemasangan adalah dengan memasang karet gelang kemudian dorong pipa hingga masuk, namun yang masih bingung berikut rincian panduannya:

  1. Pertama adalah dengan meruncingkan bagian ujung pipa yang akan dimasukkan kedalam soket dengan menggunakan amplas. Hal ini untuk memudahkan masuknya nanti.
  2. Ukur bagian dalam socket menggunakan penggaris, kemudian beri tanda pada pipa yang akan masuk tujuannya adalah untuk memastikan pipa masuk sempurna ke dalam soketnya tanpa ada celah tersisa.
  3. Kemudian masukkan karet pipa RRJ nya kedalam socket dan pastikan ujung lidah karet berada di bagian dalam.
  4. Setelah itu bersihkan terlebih dahulu menggunakan lap bagian ujung pipa dan bagian dalam soket pipa.
  5. Oleskan pelumas khusus untuk seal karet RRJ atau sebagai alternatif jika tidak ada bisa menggunakan air sabun. Oleskan pada ujung pipa dan bagian dalam soket juga bagian karet RRJ nya.
  6. Masukkan pipa kedalam soket dengan cara mendorongnya, dorong hingga batas yang sudah anda tandai sebelumnya.
  7. Terakhir pastikan pemasangan berhasil dan tidak ada goyang pada pipa menanadakan pemasangan pipa dengan sistem RRJ berhasil.

Cukup mudah bukan, Teknik penyambungan pipa ini sangat mudah dilakukan dan tidak perlu repot mengolesi lem atau menggunakan mesin penyambung pipa. Dengan menerapkan panduan cara memasang sambungan pipa rrj diatas bisa dilakukan oleh siapa saja dengan mudah dan cepat tanpa perlu menghubungi jasa tukang pipa.

News Feed