by

Cara Mengatasi Penyakit Sembelit Kronis dengan Mudah

Sembelit adalah masalah yang sangat umum. Diperkirakan mempengaruhi sekitar 20% orang Amerika, menghasilkan 8 juta kunjungan dokter per tahun. Menurut SehatQ.com Ini bisa disebabkan oleh makanan yang Anda makan atau hindari, pilihan gaya hidup, obat-obatan atau penyakit.

Tetapi bagi banyak orang, penyebab penyakit sembelit kronis mereka seringkali tidak diketahui. Ini disebut sembelit idiopatik kronis. Sembelit ditandai dengan kurang dari tiga buang air besar per minggu. Namun, itu juga dapat melibatkan gejala tidak menyenangkan lainnya, seperti ketidaknyamanan saat pergi ke kamar mandi, perut kembung dan rasa sakit karena tinja menjadi keras, kering dan sulit untuk dilewati.

Sayangnya, sembelit dapat memiliki efek negatif yang serius pada kualitas hidup, serta kesehatan fisik dan mental Anda. Ada banyak cara alami untuk membantu meringankan sembelit. Anda dapat melakukan ini dalam kenyamanan rumah Anda sendiri dan kebanyakan dari mereka bahkan didukung oleh sains. Berikut adalah solusi alami untuk meredakan sembelit.

  1. Minumlah lebih banyak air

Dehidrasi secara teratur dapat membuat Anda menjadi sembelit. Untuk mencegah hal ini, penting untuk minum air yang cukup dan tetap terhidrasi. Ketika Anda mengalami konstipasi, Anda dapat mencoba mencari pertolongan dengan meminum air berkarbonasi untuk membantu Anda rehidrasi dan membuat segalanya bergerak kembali.

Beberapa penelitian telah menemukan air soda lebih efektif daripada air ledeng untuk menghilangkan sembelit. Ini termasuk orang dengan sembelit idiopatik kronis atau sindrom iritasi usus (IBS). Namun, jangan mulai minum lebih banyak minuman berkarbonasi seperti soda manis, karena mereka adalah pilihan yang buruk untuk kesehatan Anda dan dapat membuat sembelit Anda bertambah buruk.

  1. Makan lebih banyak serat, terutama serat larut, tidak dapat difermentasi

Orang yang mengalami konstipasi sering disuruh menambah asupan seratnya. Ini karena peningkatan asupan serat dianggap meningkatkan jumlah dan konsistensi pergerakan usus, membuatnya lebih mudah untuk dilewati.

Bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Sembelit Kronis dengan Mudah?

Faktanya, satu ulasan baru-baru ini menemukan bahwa 77% orang dengan konstipasi kronis mendapat manfaat dari suplementasi dengan serat. Namun, beberapa penelitian telah menemukan bahwa peningkatan asupan serat justru dapat memperburuk masalah.

Studi-studi lain telah menemukan bahwa walaupun serat makanan dapat meningkatkan frekuensi buang air besar, itu tidak membantu dengan gejala sembelit lainnya. Ini termasuk konsistensi feses, nyeri, kembung dan gas. Ini karena jenis serat makanan yang Anda tambahkan ke dalam makanan adalah penting. Ada banyak serat makanan yang berbeda, tetapi secara umum, mereka jatuh ke dalam dua kategori:

Serat tidak larut : Ditemukan dalam dedak gandum, sayuran dan biji-bijian. Mereka menambahkan banyak ke feses Anda dan dianggap membantu mereka lewat lebih cepat dan mudah melalui sistem pencernaan Anda.

Serat larut : Ditemukan dalam dedak gandum, gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan, lentil dan kacang polong, serta beberapa buah dan sayuran. Mereka menyerap air dan membentuk pasta seperti gel, yang melunakkan feses Anda dan meningkatkan konsistensi.

Studi yang meneliti efek serat tidak larut sebagai pengobatan untuk sembelit tidak meyakinkan.

Ini karena serat yang tidak larut dapat memperburuk masalah pada beberapa orang dengan masalah usus fungsional, seperti IBS atau sembelit idiopatik kronis. Beberapa serat larut yang dapat difermentasi juga mungkin tidak efektif dalam mengobati sembelit, karena mereka difermentasi oleh bakteri dalam usus dan kehilangan kapasitas penampung airnya.

Pilihan terbaik untuk suplemen serat ketika mengalami konstipasi adalah serat larut yang tidak dapat difermentasi, seperti psyllium. Berbagai merek tersedia online. Untuk mencegah sembelit kronis, Anda harus mengonsumsi campuran serat yang larut dan tidak larut.

News Feed