by

Cara Menghitung Weton Jodoh dan Mengetahui Artinya Sesuai Primbon Jawa

Weton merupakan tradisi penanggalan masyarakat Jawa yang biasanya digunakan untuk memperhitungkan berbagai hal, termasuk juga soal jodoh. Kamu bisa belajar cara menghitung weton jodoh dan mengetahui artinya sesuai dengan primbon Jawa dengan menyimak ulasan dibawah ini.

  • Cara Menghitung Weton Jodoh Menggunakan Neptu Dan Artinya

Tabel Penanggalan Islam, Jawa, Dan Neptu

Penanggalan Islam                    Neptu               Penanggalan Jawa         Neptu

Minggu                                     5                      Pahing                          9

Senin                                        4                      Pon                              7

Selasa                                       3                      Wage                           4

Rabu                                        7                      Kliwon                          8

Kamis                                       8                      Legi                              5

Jumat                                       6

Sabtu                                       9

Cara menghitung weton jodoh ini adalah pertama – tama jumlahkan terlebih dahulu neptu dari penanggalan Islam dengan Neptu dari penanggalan Jawa.

Contohnya, kamu lahir di hari Senin Pon, artinya weton kamu Senin Pon dan neptu kamu 4+7=11. Sementara pasanganmu lahir hari Minggu Wage, artinya weton dia Minggu Wage dan neptu pasanganmu 5+4=9.

Hasil penjumlahan neptu kamu dan pasangan adalah 11+9=20.

Setelah itu, kamu tinggal lihat arti dari hasil penjumlahan neptu tersebut dalam penjelasan dibawah ini.

  • Arti Hasil Perhitungan Neptu Weton Jodoh
  • Pegat

Jika hasil perhitungan neptu muncul dengan jumlah 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, atau 36, maka artinya hubungan kamu dan pasangan termasuk kategori pegat.

Menurut primbon Jawa, pegat mengindikasikan adanya kemungkinan pasangan ini akan sering mendapatkan masalah dalam kehidupan.

  • Ratu

Jika hasil perhitungan neptu keluar angka 2, 11, 20, atau 29, maka kamu termasuk orang beruntung. Karena menurut primbon Jawa, kategori ratu mengindikasikan bahwa kamu dan pasangan sebagai jodoh sejati.

Kamu dan pasangan akan memiliki hubungan yang sangat romantis dan bahagia, bahkan membuat banyak orang di sekelilingmu menjadi iri.

  • Jodoh

Jika hasil perhitungan neptu muncul angka 3, 12, 21, atau 30, maka kamu dan pasangan termasuk kategori jodoh. Menurut primbon Jawa, kategori jodoh ini ditafsirkan bahwa kamu dan pasangan memang berjodoh.

Bahkan lebih dari itu, kamu dan dia bisa memiliki kehidupan rumah tangga yang selalu rukun setiap waktu.

  • Topo

Jika angka yang keluar dari hasil perhitungan neptu itu 4, 13, 22, atau 31, maka kamu dan pasangan masuk dalam kategori topo yang perlu ekstra berhati – hati. Karena primbon Jawa meramalkan pasangan topo akan mengalami kesulitan di awal berumah tangga.

  • Tinari

Hasil perhitungan weton tinari adalah 5, 14, 23, atau 32 yang termasuk kabar bahagia. Kebahagiaan yang akan didapat pasangan tinari tersebut berupa kecukupan rezeki dalam kehidupan berumah tangga kelak. Bahkan, pasangan tinari akan dimudahkan dalam mencari rezeki.

  • Padu

Kategori padu dengan hasil perhitungan weton 6, 15, 24, atau 33 ini ditafsirkan ramalan buruk bagi kehidupan rumah tangga kamu dan pasangan. Meski demikian, hal itu tidak akan sampai berujung pada perceraian.

  • Sujanan

Kamu yang memiliki hasil perhitungan weton berjumlah 7, 16, 25, atau 34 patut waspada. Karena menurut primbon Jawa, pasangan Sujanan akan berada dalam ancaman pertengkaran besar dalam rumah tangga akibat perselingkuhan.

  • Pesthi

Kamu yang termasuk kategori Pesthi dengan hasil perhitungan weton 8, 17, 26, atau 35 patut bersyukur. Karena kabarnya pasangan pesthi akan memiliki rumah tangga yang rukun. Bahkan kamu dan pasangan disebut – sebut akan memiliki kehidupan keluarga yang rukun dan harmonis.