by

Deretan Perusahaan Terbesar di Indonesia

-Bisnis-20 views

Untuk bisa membangun sebuah perusahaan besar tentunya membutuhkan perjuangan keras dan proses yang sangat panjang. Hal itu bukan tanpa alasan, karena kerja keras tidak akan pernah membohongi hasilnya.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar daftar perusahaan terbesar di Indonesia. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

1. PT Hanjaya Mandala Sampoerna (HM Sampoerna)

PT Hanjaya Mandala Sampoerna ini bisa dibilang sebagai salah satu perusahaan rokok terbesar yang ada di Indonesia. Menurut informasi yang didapat, dulunya PT Hanjaya Mandala Sampoerna bernama PT Perusahaan Dagang dan Industri Panamas.

Memasuki tahun 1989, barulah mereka mengganti namanya menjadi PT Hanjaya Mandala Sampoerna atau yang lebih populer dengan HM Sampoerna. Adapun mengenai produk andalan dari PT Hanjaya Mandala Sampoerna berupa rokok Dji Sam Soe dan Sampoerna Mild, yang mana kedua produk tersebut menembus penjualan sebesar Rp 106,74 triliun dengan laba bersih sekitar Rp 13,5 triliun.

Bahkan di tahun 2021 lalu, pendapatan PT Hanjaya Mandala Sampoerna meningkat menjadi Rp 13,7 triliun lho.

2. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Persero)

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk merupakan salah satu perusahaan BUMN yang telah melepas sebagian sahamnya ke public. Usut punya usut, ternyata saham PT Telkom yang dilepas ke public itu mencapai sekitar 49,17 persen.

Itu artinya, sebanyak lebih dari 52,09 persen sahamnya masih menjadi milik pemerintah Indonesia. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk sendiri berputat pada bidang komunikasi dan informasi, serta menyediakan jaringan telekomunikasi dan jasa ke seluruh daerah di Indonesia.

Namun, awalnya perusahaan milik pemerintah ini bergerak di bidang pos dan telegraf yang dibentuk pada tahun 1882 silam lalu dengan nama PTT (Post Telegraaf Telefoon). Memasuki tahun 1991, perusahaan tersebut melirik bidang telekomunikasi sehingga namanya berubah menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel).

Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia, maka tak heran jika PT Telekomunikasi Indonesia Tbk memiliki pelanggan hingga mencapai 104 juta.

3. PT Perusahaan Gas Negara Tbk

Dari namanya saja sudah tertebak, bahwa perusahaan yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi ini merupakan milik BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Adapun mengenai PT Perusahaan Gas Negara Tbk yang mempunyai beberapa anak perusahaan, seperti PT Transportasi Gas Indonesia, PT PGN Solution, PT PGAS Telekomunikasi Nusantara, PT Saka Energi Indonesia, PT Gagas Energi Indonesia, dan PTN Gas Energi Jambi.

Menurut informasi yang didapat, PT Perusahaan Gas Negara Tbk mampu meraup keuntungan bersih hingga mencapai Rp 1,30 triliun.

4. PT Gudang Garam Tbk

Bagi para perokok aktif, tentu saja mereka sudah tidak asing lagi dengan merk rokok yang satu ini. PT Gudang Garam Tbk untuk pertama kalinya didirikan oleh Surya Wonowidjojo pada tanggal 26 Juni tahun 1958 silam lalu.

Itu sebabnya, mengapa PT Gudang Garam Tbk dinobatkan sebagai salah satu perusahaan rokok tertua dan terbesar yang pernah ada di Indonesia. Soal penghasilannya, PT Gudang Garam Tbk ini mampu meraih keuntungan bersih sebesar Rp 7,75 triliun per tahun.

5. PT Semen Indonesia Tbk

Perusahaan terbesar di Indonesia berikutnya yang akan dibahas, yakni bernama PT Semen Indonesia Tbk. Perusahaan yang bergerak di bidang material bangunan ini mampu meraih laba bersih sebesar Rp 1,4 triliun per tahun.