by

Ini Dia, Manfaatnya Jika Anak Minum Susu

Susu menjadi salah satu sumber nutrisi penting yang dapat mendukung tumbuh kembang anak. Susu sendiri bisa dikonsumsi setelah masa ASI eksklusif selesai, yaitu saat anak mengonsumsi makanan pendamping ASI. Namun, ada banyak hal yang perlu ibu ketahui sebelum memberikan susu formula untuk anak. Selain mempertimbangkan usia, ibu juga perlu mengetahui adanya intoleransi laktosa maupun alergi susu sapi. Sejak lahir, bayi sudah mendapat asupan makanan melalui Air Susu Ibu (ASI). Hal tersebut membuat sebagian besar anak-anak menyukai susu. Sudahkah kamu menyiapkan segelas susu untuk anak di pagi hari? Susu yang mengandung protein, kalsium dan vitamin D merupakan asupan penting bagi si buah hati. Meskipun kalsium bisa didapat dari makanan lain seperti sayuran hijau, daging dan ikan? Tetapi susu memiliki jumlah yang paling banyak. Berikut manfaat minum susu untuk anak yang perlu kamu ketahui:

Tulang dan Gigi Kuat

Dengan mengonsumsi segelas susu setiap harinya, kebutuhan kalsium dan vitamin D anak akan terpenuhi, karena susu merupakan salah satu sumber kalsium dan vitamin D terbaik. Gizi yang terkandung dalam susu juga dapat membantu membentuk tulang dan mengurangi risiko osteoporosis di kemudian hari. Selain itu, di dalam susu juga mengandung vitamin K, vitamin C, dan magnesium yang berperan dalam melindungi permukaan enamel terhadap asam serta mengurangi risiko gusi bengkak dan gigi berlubang.

Jantung Sehat

Manfaat minum susu pada anak yaitu dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat serta meningkatkan kadar kolesterol baik dengan kandungan kaliumnya. Dengan mengonsumsi susu sebanyak tiga porsi sehari dengan tambahan sayur dan buah, maka kamu dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung pada kemudian hari.

Berat Badan dan Kognitif

Susu mengandung vitamin D yang tinggi dan dapat membantu meningkatkan produksi serotonin, yaitu hormon yang dapat mempengaruhi mood, nafsu makan dan tidur. Anak yang kekurangan vitamin D dapat rentan mengalami stres, depresi, mudah lelah dan sulit untuk tidur lelap. Anak yang rutin mengonsumsi susu juga dapat memiliki pertambahan berat badan yang baik serta mengalami peningkatan fungsi kognitif yang signifikan.

Meningkatkan Energi

Sediakan susu di pagi hari sebelum anak kamu memulai aktivitas. Susu mengandung fosfor, protein, vitamin A, dan vitamin B yang berfungsi untuk meningkatkan asupan vitamin dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan energi.

Sumber Energi Bagi Tubuh

Susu formula merupakan salah satu sumber karbohidrat dan lemak yang dapat membuat anak merasa kenyang. Selain itu, susu formula mengandung salah sumber energi yang baik bagi anak yang sedang aktif. Jika ibu rutin memberikannya, anak dapat melakukan aktivitas fisik dan otak dengan lebih optimal.

Meskipun susu formula baik bagi pertumbuhan anak, tetapi ASI adalah makanan terbaik bagi anak di awal-awal masa kehidupannya. Jadi, jika ibu memiliki ASI yang deras, sebaiknya ibu memberikannya ASI ketimbang susu formula.

Penutup

Itulah beberapa manfaat minum susu pada anak yang perlu kamu ketahui untuk tumbuh kembangnya yang lebih baik lagi. Pada dasarnya susu adalah minuman bernutrisi yang memiliki banyak manfaat dan tidak hanya bisa dinikmati oleh anak-anak saja, tetapi susu juga dapat dikonsumsi oleh kamu yang sudah dewasa atau pun lanjut usia.

News Feed