by

Inilah Beberapa Mata Uang Tertinggi di Dunia

Dolar Amerika Serikat adalah mata uang cadangan dunia dan salah satu mata uang terkuat, tetapi ternyata bukan merupakan mata uang tertinggi di dunia. Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa beberapa mata uang lain memiliki nilai lebih tinggi daripada pound sterling dan dolar AS. Setiap ekonom, pengusaha atau pemilik bisnis harus mengetahui 5 mata uang tertinggi di dunia berikut dilansir dari Clacified:

1. Dinar Kuwait

Dinar Kuwait adalah mata uang tertinggi di dunia pada tahun ini . Kode untuk mata uang ini adalah KWD. Satu Dinar Kuwait sama dengan 3,30 USD atau 2,73 EUR.

Dengan satu Dinar Kuwait bernilai di atas 3 dolar AS, mata uang ini dianggap yang tertinggi dan terkuat di dunia. Kuwait adalah negara yang terkenal dengan eksploitasi besar dalam industri minyak dan memiliki ekonomi yang stabil secara global. Meskipun sebuah negara kecil, Kuwait, telah mengumpulkan banyak kekayaan. Dinar Kuwait adalah satu-satunya mata uang yang negaranya (Kuwait) masuk dalam daftar 10 negara terkaya di dunia berdasarkan PDB per kapita

2. Dinar Bahrain

Dinar Bahrain adalah mata uang yang digunakan di Bahrain, sebuah negara kecil di Teluk Persia Dinar Bahrain adalah mata uang tertinggi kedua di dunia, dengan kode mata uang BHD. Satu Dinar Bahrain berlaku untuk 2,66 USD atau 2,20 EUR.

BHD dipatok dengan kurs dolar USD. Menariknya, nilai tukar antara kedua mata uang ini tetap stabil sejak tahun 2005. BHD muncul pada tahun 1965 dan memiliki nilai tukar tetap, dan karena alasan ini, nilainya yang tinggi tidak terlalu sesuai dengan ekonomi Bahrain. Perlu dicatat bahwa meskipun Bahrain tidak masuk dalam daftar 10 negara terkaya, itu adalah negara Arab terkaya ke-5, dengan ekonominya berada di peringkat ke-23 di dunia. Sumber pendapatan terbesar Bahrain adalah melalui ekspor ’emas hitam’. Bahrain juga dikenal dengan sumber daya alam lainnya seperti pohon kurma, minyak dan pantai.

Oman adalah negara kecil Arab menggunakan mata uang, Rial Oman. Sebagai mata uang tertinggi atau terkuat ketiga di dunia, kode mata uangnya adalah OMR. Satu Rial Oman setara dengan 2,60 dolar AS atau 2,15 Euro. Satu Rial Oman dibagi menjadi 1000 Baiza. Baiza adalah koin dan unit moneter Oman. Oman adalah negara Arab kecil yang terletak di pantai tenggara Semenanjung Arab. Negara ini menghasilkan sebagian besar pendapatannya dari pariwisata dan pertanian. Ekonominya dikembangkan dan menawarkan warganya kualitas hidup yang tinggi.

4. Dinar Yordania

Dinar Yordania adalah mata uang yang digunakan di Yordania. Ini adalah mata uang tertinggi keempat di dunia dengan kode mata uang JOD. Satu Dinar Yordania sama dengan 1,41 dolar AS atau 1,16 EUR.

Yordania memiliki mata uang dengan nilai yang sangat tinggi, tetapi yang menarik, negara tersebut tidak berkembang secara ekonomi karena tidak memiliki beberapa sumber daya alam penting seperti minyak. Ekonomi Yordania diklasifikasikan di bawah ‘ekonomi pasar berkembang’.

Pada 2019, negara ini memiliki PDB sebesar $44,4 miliar, sehingga menjadikannya negara ke-89 di seluruh dunia. Dengan satu Dinar Yordania yang setara dengan 1,41 Dolar AS, mata uang ini dinilai sebagai salah satu mata uang terkuat di dunia.

5. Pound Sterling Inggris

Banyak orang akan berharap bahwa Pound Sterling Inggris akan menjadi yang pertama dalam daftar 10 mata uang tertinggi di dunia ini, tetapi sebenarnya ini adalah mata uang tertinggi ke-5 di dunia pada tahun 2021. Kode mata uang untuk British Pound Sterling adalah GBP.

Satu Pound Sterling Inggris sama dengan 1,37 dolar AS atau 1,13 Euro. Koloni Inggris memberikan mata uang mereka sendiri, yang sangat berbeda dari yang dikeluarkan oleh Bank of England. Namun, mereka semua dinilai sebagai 1 sama dengan 1. Ini berarti ada mata uang pounds Inggris yang berbeda seperti Irlandia Utara, Skotlandia, Jersey, Manx, Pound Pulau St. Elena dan Pound Kepulauan Falkland, namun semuanya memiliki nilai yang sama.

News Feed