by

Inilah Jenis Metode Pembayaran Online Paling Diminati

Transaksi pembayaran online memang semakin marak di era digital ini. Selain mudah dan praktis, online payment juga relatif aman sehingga tidak mengherankan apabila lebih diminati oleh berbagai kalangan. Apalagi, ada cukup banyak jenis metode online payment yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Perkembangan teknologi memiliki peran besar dalam meningkatnya popularitas online payment. Bagi pelaku bisnis berbasis online, selain menggunakan berbagai aplikasi bisnis online shop untuk menunjang operasional bisnis online Anda, menawarkan opsi metode pembayaran digital juga sangat penting. Sebab hal tersebut merupakan cara paling mudah untuk melakukan transaksi jual beli.

1. Transfer Bank

Sistem Pembayaran pertama yang paling sering digunakan adalah transfer bank. Terlebih lagi, metode ini dapat diterapkan dengan banyak cara. Mulai dari yang paling manual dengan memanfaatkan mesin ATM, atau internet banking dan mobile banking hanya dengan bermodalkan perangkat smartphone.

Pada dasarnya, transfer bank merupakan metode lama yang masih diminati hingga saat ini. Bukan tanpa alasan, mengingat cara ini juga praktis, aman, dan tentunya mudah untuk dilakukan.

2. E-wallet

Metode pembayaran melalui e-wallet atau dompet digital tentu sudah sangat familiar bagi para pelaku bisnis maupun jual beli online. Bahkan, pada beberapa platform e-commerce dan toko offline juga telah tersedia sistem pembayaran melalui dompet digital sebagai salah satu sarana transaksi.

Meskipun begitu, online payment via e-wallet masih memiliki beberapa keterbatasan, terutama karena hanya dapat dilakukan pada merchant tertentu yang sudah bekerjasama dengan salah satu perusahaan penyedia dompet digital. Akan tetapi, tampaknya e-wallet memiliki prospek cerah.

3. Kartu Kredit

Online payment menggunakan kartu kredit bisa dikatakan aman, sebab penerbit credit card telah membekalinya dengan proteksi ekstra, seperti Fraud Guard, On-Us Routing, dan Dynamics 3DS. Selain itu, kartu kredit juga dapat digunakan bertransaksi, baik di dalam atau luar negeri.

Di era modern ini, hampir semua toko online dan offline yang menjadikan kartu kredit sebagai salah satu opsi pembayaran secara mudah. Sehingga tidak mengherankan apabila saat ini, kartu kredit seolah sudah menjadi kebutuhan, khususnya bagi para milenial.

4. Rekening Bersama / Rekber

Transaksi menggunakan rekening bersama memang dinilai lebih aman oleh banyak pihak. Sebab tujuan penggunaan metode online payment ini adalah untuk melindungi pihak penjual dan pembeli. Rekber semakin marak digunakan seiring dengan maraknya transaksi jual beli online.

Cara kerja rekening bersama adalah dengan melibatkan pihak ketiga yang bertugas menahan dana transaksi hingga kegiatan jual beli selesai dilakukan. Dengan kata lain, pembeli telah menerima barang pesanan secara utuh. Setelah pembeli konfirmasi, barulah dana diteruskan ke penjual. Kenali apa saja kelebihan serta kekurangan Rekber.

5. PayPal

Bagi yang sering belanja online di platform marketplace global atau bekerja untuk klien dari negara lain, tentu sudah sangat familiar dengan istilah PayPal, bukan? PayPal merupakan rekening virtual yang mendukung layanan jasa transfer serta transaksi online payment.

Sarana pembayaran digital populer ini memungkinkan pengguna membuat akun pada platform PayPal yang terhubung ke rekening giro atau kartu kredit pelanggan. Salah satu keunggulan PayPal adalah karena mempunyai jaringan kuat dan melayani transaksi keuangan dalam lingkup global.

Dengan kata lain, pemilik akun PayPal dapat melakukan belanja online luar negeri atau transaksi lintas negara. Selain itu, layanan pembayaran digital ini juga dilengkapi dengan sistem keamanan cukup baik, sehingga wajar apabila dijadikan pilihan transaksi online oleh banyak pihak.

6. QR Code

Metode pembayaran dengan QR Code juga semakin dikenal dewasa ini karena dinilai lebih praktis. Menurut Otorita Jasa Keuangan atau OJK, QR Code merupakan kode matriks dua dimensi, yang diciptakan untuk membuat kamera digital mampu membaca informasi dari kode tertera.

Untuk melakukan online payment dengan QR Code hanya membutuhkan perangkat ponsel pintar serta koneksi internet. Sedangkan sumber dana untuk transaksi Kode QR antara ain adalah, simpanan maupun instrumen pembayaran lain, berupa kartu kredit, debit, atau e-money.