by

Jenis Pukulan dalam Pencak Silat yang Wajib Diketahui

-Olahraga-25 views

Bela diri pencak silat memiliki banyak sekali jenis gerakan ketangkasan untuk melakukan serangan baik tujuan perkelahian ataupun pertandingan. Di dalam cabang beladiri pencak silat itu sendiri, serangan yang dilakukan menggunakan lengan atau tangan dan bagian tungkai kaki. Masing-masing dari serangan tersebut memiliki sikap tangan atau kaki sebagai alat utama yang didukung penuh oleh kuda kuda serta sikap tubuh yang seimbang. Adapun jenis serangan menggunakan tangan dalam cabang bela diri disebut sebagai teknik pukulan. Teknik pukulan inilah yang dibagi berdasarkan bentuk gerakan serta sasaran serangan ke arah lawan di dalam satu pertandingan.

Salah satu jenis pukulan dalam pencak silat untuk melakukan serangan dengan menggunakan tangan adalah pukulan bandul. Teknik pukulan bandul ini memiliki ciri khas yaitu salah satu tangan dalam posisi mengepal serta menghadap ke atas. Saat melakukan pukulan ini maka posisi tangan menekuk hingga 90 derajat posisi akhir dari kedua tangan menyilang ke depan dada.

Teknik pukulan ini dilakukan dengan mengayunkan kepalan tangan dari bawah ke atas dengan sasarannya adalah bagian ulu hati pihak lawan. Saat melakukan serangan maka posisi tangan yang lain tidak memukul namun melindungi dada sehingga tidak terkena balasan. Teknik ini bisa berjalan dengan baik jika dilakukan dalam posisi kuda-kuda atau langkah kaki yang yang bervariasi.

Salah satu hal yang perlu diketahui bahwa banyak sekali jenis pukulan bandul ini sehingga teknik serangan dasar haruslah dikuasai dalam satu pertandingan. Misalnya saja kepalan tangan yang kurang mengepal sehingga tenaganya tidak optimal Begitu juga dengan posisi kaki yang kurang terbuka lebar sehingga sangat berpengaruh pada posisi badan yang tidak seimbang.

Sebenarnya teknik apapun yang digunakan dalam pencak silat tujuannya adalah menyerang bagian-bagian tubuh lawan. Itu sebabnya cukup banyak variasi pukulan dalam pencak silat seperti pukulan depan, pukulan bandul, pukulan tegak, pukulan melingkar dan pukulan samping. Beragam pukulan tersebut posisinya berbeda-beda sehingga Anda harus benar-benar mengetahui teknik terbaik untuk melakukan beragam jenis pukulan ini.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa mencari di media online dimana ada banyak gambar yang cukup jelas tentang gerakan dari pukulan ini. Atau bisa juga dengan melihat beberapa video yang dibagikan secara gratis baik oleh praktisi langsung hingga mereka yang memang berkompeten di bidang olahraga beladiri ini.

Satu hal yang perlu diketahui dan dipahami bahwa teknik untuk melakukan pukulan bandul ini cukuplah sederhana. Faktor dari sikap kaki kuda-kuda serta posisi tangan cukup berperan penting untuk membuat hasil pukulan ini bisa maksimal. Agar Anda bisa melihat perkembangan dari teknik pukulan yang Anda lakukan maka perhatikanlah kesalahan-kesalahan yang umum terjadi. Misalnya saja kuda-kuda tengah kurang baik atau bisa juga posisi kaki yang kurang kuat. Badan yang tidak seimbang serta ayunan yang kurang kuat dan tangan yang kurang mengepal dengan baik juga kerap dilakukan oleh pelaku atau pemain pencak silat itu sendiri.

Diharapkan dengan evaluasi yang dilakukan secara intensif dan detail maka Anda bisa memperbaiki keahlian atau kemampuan dari teknik pukulan bandul ini. Intinya adalah terus melakukan latihan demi latihan setiap hari bahkan bila perlu Anda mengikuti beragam kejuaraan baik itu skala daerah maupun nasional. Semakin banyak Anda mengikuti pertandingan bukan tidak menghindari satu hari nantinya teknik pukulan Anda juga cukup disegani lawan.

News Feed