by

Kenapa Memilih Semen Mortar? Ini Alasannya!

-Bisnis-12 views

Pernahkah Anda mendengar istilah semen mortar? Secara umum, jenis semen ini merupakan semen instan yang dipakai sebagai bahan material konstruksi. Mortar ini bukanlah material bahan material lawas, melainkan merupakan hasil inovasi.

Pembuatannya menggunakan campuran antara bahan pasir, semen, zat aditif, dan juga filler dengan pengaturan komposisi sesuai standar khusus. Komposisi tersebut haruslah disesuaikan dengan area pengaplikasian bangunan.

Pengaplikasiannya tanpa perlu menambahkan campuran menggunakan material lain dan bisa dipakai secara langsung. Yakni cukup mencampurnya menggunakan tambahan air biasa dan Anda sudah bisa mengaplikasikannya sebagai lapisan dinding atau sebagai perekat. 

Dengan begitu, para pekerja tidak perlu lagi melakukan pembuatan semen manual seperti pengayakan pasir dan juga pencampuran semen.

Keunggulan yang Dimiliki Semen Mortar

Ada banyak fungsi dari penggunaan semen instan atau mortar itu sendiri. Diantaranya saja seperti digunakan dalam pengerjaan sebuah bangunan sebagai perekat bata ringan, pengisi celah antar keramik, perekat keramik, hingga pelapis dinding baru.

Adapun sifat instan dari mortar ini membuatnya memiliki keunggulan seperti berikut.

1. Lebih Mudah dan Praktis

Proses produksi semen instan atau mortar adalah dengan mencampurkan sejumlah bahan material pilihan menggunakan takaran dan standar khusus sesuai kebutuhan. Hal ini membuat penggunaannya sangat mudah, cukup dengan menambahkan air dan mengaduknya.

2. Waktu, Tenaga, dan Biaya Lebih Efisien

Menggunakan semen instan cenderung lebih efisien atau menghemat waktu, tenaga, dan juga biaya. Pasalnya, Anda tak perlu melakukan banyak pekerjaan seperti membuat adonan semen dan pasir. Jelas ini akan sangat menghemat waktu dan tenaga yang nantinya berimbas pada pengeluaran untuk biaya pekerja.

3. Komposisi Tepat (Kualitas Terjamin dan Konsisten di tiap kemasannya)

Perlu Anda tahu, bahwa mencampur komposisi semen dan pasir dengan cara manual seringkali tidak menggunakan perhitungan yang pasti. Bisa jadi komposisi semen terlalu banyak, pasir terlalu kasar, air terlalu sedikit, dan lain sebagainya yang berpengaruh pada kualitas bangunan.

Menggunakan mortar atau semen instan bisa menjadi solusi, mengingat pembuatannya yang sesuai aturan. Yaitu terkait komposisi adukan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan area bangunan.

4. Daya Rekat Tinggi dan Tidak Gampang Retak

Komposisi mortar menambahkan bahan aditif yang membuatnya memiliki daya rekat tinggi dan cenderung lebih lentur. Hal ini membuat pemakaiannya tidak mudah retak.

5. Mengurangi Risiko Cacat dan Kerusakan Bangunan

Mortar dibuat dalam komposisi yang tepat, sehingga risiko cacat dan kerusakan bangunan juga dapat diminimalisir. Dengan begini, maka bangunan akan menjadi kuat dan lebih tahan lama.

Adapun berbagai keunggulan lainnya, yakni penyimpanan mudah, proyek lebih bersih, serta daya sebarnya jauh lebih luas. Contoh semen berkualitas dengan berbagai keunggulan ini, salah satunya adalah mortar produksi SCG.

Rekomendasi Produk Semen Mortar Produksi SCG

SCG menawarkan 2 produk semen mortar, diantaranya adalah Mortar Perekat Bata Ringan dan Mortar Bata & Plasteran. Mortar Perekat Bata Ringan adalah semen instan yang dipakai pemasangan dinding bata ringan.

Produk hadir dengan berat 40 kg yang terbuat dari material berkualitas untuk menghasilkan mortar yang unggul. Keunggulan produk adalah lebih mudah diaduk untuk campuran lebih homogen, pengaplikasian cepat dan mudah, serta penggunaan yang lebih hemat.

Mortar juga memiliki daya rekat dan elastisitas tinggi, serta hasil yang lebih rapi dan kuat. Sementara untuk Mortar Pasangan Bata & Plasteran, adalah semen instan yang dipakai untuk plasteran dinding bata ringan.

Produknya mudah untuk diaplikasikan guna mendapatkan hasil yang lebih baik, serta rendah penyusutan sehingga potensi retak rambut juga bisa diminimalisir. Mortar ini juga dapat menghasilkan kualitas dinding yang lebih kuat dan halus. Dalam hal pemakaian, keduanya cenderung sangat praktis dan mudah digunakan dan cukup dengan menambahkan air. Menggunakan produk semen mortar dari SCGBM.id sangat tepat untuk jadi rekomendasi bahan material konstruksi bangunan.