by

Kredit Mobil Baru : Syarat, Besarnya DP dan Simulasinya

-Bisnis-8 views

Kredit mobil termasuk salah satu kegiatan untuk membeli kendaraan dengan pembayaran bertahap. Cara ini dilakukan agar dalam membeli mobil tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah banyak ketika proses pembelian. 

Dalam proses tersebut, kamu perlu mengetahui Simulasi Kredit Mobil, syarat dan juga pengajuannya. Dengan informasi tersebut kamu bisa mengukur terkait mobil seperti apa yang bisa kamu beli. 

Dalam urusan kredit mobil ini hampir semuanya bisa dibeli dengan cara diangsur. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait kredit mobil ini, kamu bisa membaca artikel ini hingga akhir. 

Simulasi Kredit Mobil

Dalam hal kredit mobil ini juga ada simulasi dimana hal ini dihitung dari berapa jumlah DP dan uang yang perlu dibayarkan setiap bulan. Hal ini berlaku untuk semua jenis mobil yang ada di tanah air. 

Selain itu penentuan atau perhitungan kredit juga berdasarkan jangka waktu pembayaran kredit. Untuk jangka waktunya bervariasi mulai dari 12 bulan hingga 60 bulan. 

Untuk simulasi ini ada hitungan tersendiri dan menggunakan kalkulator khusus. Dengan demikian kamu tinggal masukkan jumlah DP dan pilih tenor pembayaran maka akan muncul berapa uang yang perlu dibayarkan. 

Umumnya semakin singkat kamu memilih tenor pembayaran maka cicilan perbulan tidak terlalu banyak. Namun untuk yang tenor paling lama ini bunganya cukup tinggi jika dikalkulasi jumlahnya lebih banyak. 

Syarat Kredit Mobil Baru

Untuk mengajukan kredit mobil baru ini tidak bisa dilakukan oleh setiap orang karena urusannya uang dalam jumlah besar. Bagi kamu yang ingin mengajukan kredit pastikan memenuhi beberapa syarat berikut:

Warga Negara Indonesia

Dalam mengajukan kredit mobil ini syarat utamanya harus warga negara Indonesia. Hal ini perlu dibuktikan dengan kartu identitas berupa KTP, SIM. Dengan demikian, kredit ini tidak bisa untuk warga negara asing. 

Minimal Usia 21 Tahun

Untuk mengajukan kredit, usia minimal harus sudah 21 tahun ke atas. Sebab dengan umur demikian berarti sudah masuk anak yang bisa menghasilkan penghasilan sendiri.Sedangkan untuk batas akhir usia bisa mengajukan kredit ini sekitar 55 tahun. 

Punya Penghasilan Tetap

Inti dari pengajuan kredit ini sebenarnya ada di sudah punya penghasilan tetap setiap bulan. Dengan cara ini maka kamu tidak akan kesulitan ketika membayar angsuran setiap bulan. 

Untuk pekerjaannya tidak harus pegawai negeri tetapi bisa pengusaha, freelancer atau usaha lainnya. Maka dari itu pihak dealer mobil umumnya meminta transaksi yang ada di rekening untuk melihat history keuangannya. 

Besarnya DP

Besarnya DP untuk kredit mobil baru ini sebenarnya sudah ada undang-undang dari pemerintah. Besarnya DP ini berkisar antara 20 persen hingga 25 persen dari total harga mobil yang dibeli. Kebijakan ini dinilai lebih ringan karena di peraturan sebelumnya DP minimal 30 persen dari harga mobil. 

Persentase yang disebutkan di atas ini murni uang muka dan belum termasuk biaya lain-lain. Untuk biaya lain-lain meliputi asuransi, biaya administrasi, bunga kredit dan beberapa biaya tambahan lainnya. 

Jadi untuk melakukan kredit mobil baru ini harus memenuhi beberapa persyaratan seperti umur 21 tahun dan punya penghasilan tetap. Setelah itu kamu tinggal membayarkan DP sebesar 20% hingga 25% dari harga mobil. 

Setelah itu kamu akan ditunjukkan terkait simulasi terkait besarnya cicilan yang perlu dibayarkan. Di dalam tabel tersebut sangat jelas mulai dari tenor pembayaran hingga besarnya angsuran setiap bulan.