Kumpulan Motode Mencari Keliling Segitiga dengan Berbagai Kasus

Pendidikan295 views

Keliling ini adalah sebuah besaran yag dinyatakan untuk mencari semua panjang dalam sebuah bangunan yang datar atau bangunan yang bentuknya dua dimensi. Untuk beberapa benda terdapat beberapa cara yang digunakan untuk mencari keliling.

Pada kesempatan kali ini mati kita belajae mencari sebuah keliling untuk benda dengan dengan cara wajah apa yang di ketahuinya, yuk langsung saja simak penjelasannya.

Metode yang pertama saat semua sisi sudah diketahui

Cara mencari keliling untuk segitiga sama kaki ini dia rumus yang perlu Anda gunakan:

Rumus keliling segitiga sama kaki = P = a + b + c, dimana untuk a, b, dan c semua panjangnya sudah diketahui.

Contohnya jika diketahui a = 24 cm, b = 24 cm, c = 24 cm, bangunan ini merupakan bagunan yang beraturan, jadi untuk menghitung kelikingnya adalah

P = 24 + 24 + 24 = 72 cm

Rumus yang satu ini bisa di pakai untuk jenis segitiga apa saja, yang penting semua panjangnya telah diketahui, jadi jika ada contoh soal lagi diketahui a = 15 cm, b = 13 cm, c = 17 cm maka kelilingnya P = 15 + 13 + 17 = 45 cm.

Metode kedua: menghitung segitiga siku-siku yang kedua sisinya sudah diketahui

Untuk kasus yang satu ini penyelesaian yag harus di kerjakan saat dia wajah yang telah di ketahui tapi untuk wajah ketiga belum diketahui maka tidak perlu menggunakan rumus pitagoras.

Menjelaskan hubungan antar muka untuk segitiga siku- sku ini rumus yang di pakai adalah yang paling sering digunakan adalah geometri. Ini dia rumusnya: a^2 + b^2 = c^2, di mana a dan b merupakan kaki-kaki gambar, dan c merupakan sisi miring.

  • Sisi miring.

Selalu terletak pada bagian sebrang sudut siku- siku (90 derajat), dan juga merupakan wajah yang terlihat untuk segitiga. Dalam matematikan sisi miring ini sering menggunakan huruf c.

  • Kaki

Kaki ini merupakan wajah dari segitiga siku- siku yang masuk ke dalam sudut siku-siku dan di simbolkan dengan huruf a dan b, salah satu kaki ini merupakan tinggi untuk sosok segitiga tersebut.

Jadi unruk mencari masalah seprti itu Anda harus menggunakan teorema Pythagoras, supaya bisa tahu berapa dimensi wajah yang ketiga, dan memakai rumus yang telah di bahas dalam metose perttama. Contohnya jika diketahui panjang 2 kaki : a = 3 cm, b = 5 cm lalu Substitusikan nilai tersebut ke dalam persamaan 3^2 + 4^2 = c^2 => 9 + 16 = c^2 => 25 = c ^2 => c = 5 cm. Jadi diketahui untuk sisi miringnya ini 5 cm

Contoh tersebut merupakan contoh yang paling umum jadi jika dua kaki lainnya memiliki panjang 3 cm dan 4 cm maka untuk sisi miringnya ini pasti 5cm. lalu jika panjang satu kaki belum diketahui, maka rumusnya berubah jadi ^2 – a^2 = b^2, dan sebalinya jika digunakan untuk kaki yang lain. Contoh lainnya jika kita alihkan kedalam rumus yang standar untuk mencari keliling yaitu P = a + b + c, jadi untuk kasus ini berikut perhitungannya:

P = 3 + 4 + 5 = 12 cm.