by

Macam-macam Konsep Pemasaran dan Tujuannya

-Bisnis-32 views

Dari setiap strategi marketing yang dijalankan, pasti akan ada sebuah konsep pemasaran yang dilakukan. Dalam hal marketing, konsep merupakan salah satu hal yang paling penting. Semua perusahaan atau pelaku usaha wajib memiliki konsep dari setiap pemasaran yang dilakukan. Jika sebuah perusahaan telah berhasil menerapkan konsep pemasaran, maka sudah bisa dipastikan mereka akan bertahan dari persaingan global yang semakin ketat.

Konsep pemasaran memiliki arti yang lebih mendalam daripada strategi pemasaran. Bisa dikatakan bahwa konsep pemasaran merupakan langkah lanjutan dari strategi marketing. data dari strategi yang sudah dilakukan tersebut akan digunakan untuk perkembangan produk yang sudah ditawarkan demi memenuhi kebutuhan konsumen dan juga tujuan dari perusahaan tersebut.

Jenis Konsep Pemasaran dan Tujuannya

 Setidaknya ada lima jenis konsep pemasaran beserta tujuannya yang harus dipahami oleh pelaku usaha. Dari semua konsep itu bertujuan untuk kelangsungan perusahaan dalam jangka waktu panjang dan mendapatkan profit sesuai yang ditargetkan.

1. Konsep Pemasaran dari Segi Produksi

Konsep ini dilakukan dengan memperbanyak produksi tanpa memandang aspek lain. Tujuannya dilakukan konsep produksi ini agar memudahkan pelanggan untuk menemukan produk yang mereka cari. Dengan melihat perbandingan bahwa semakin banyak produk, kemungkinan penjualan juga akan semakin tinggi. Dan itu memang bisa terjadi ketika tidak ada persaingan dalam usaha tersebut.

2. Konsep Pemasaran dari Segi Produk

Berbeda dengan produksi yang mengandalkan kuantitas, konsep pemasaran segi produk masih melihat aspek lain, yaitu kualitas produksi yang sudah dilakukan. Tujuannya tentu saja untuk mengambil perhatian konsumen dari produksi yang sudah dilakukan. Aspek produk pada umumnya dilihat dari kemasan, performa dan juga mutu yang diberikan.

3. Konsep Pemasaran dari Segi Penjualan

Jika kedua konsep diatas sudah dilakukan, perusahaan tidak akan mendapat penjualan jika tidak dipasarkan. Disinilah peran penting dari konsep penjualan yang bertujuan untuk memasarkan produk yang sudah dibuat. Tidak hanya itu, konsep ini juga sangat penting untuk membujuk dan merayu calon konsumen agar segera menentukan pilihan.

Penjualan juga menjadi faktor penting dalam menentukan keuntungan sebuah usaha yang dijalankan. Semakin banyak produksi yang dilakukan dengan produk yang berkualitas, kemudian dipasarkan dengan cara yang tepat, akan dapat memberi keuntungan yang besar bagi pelaku usaha.

4. Konsep Pemasaran dari Segi Sosial

Target pasar, kebutuhan konsumen dan juga tingkat kepuasan pelanggan merupakan konsep dari segi sosial. Anda tidak bisa melakukan pemasaran secara acak yang dapat mengakibatkan kerugian operasional karena bisa jadi salah sasaran. Untuk itu diperlukan konsep sosial dengan tujuan untuk melihat kebutuhan pasar, target konsumen dan juga mementingkan kepuasan pelanggan.

5. Konsep Pemasaran dari Segi Global

Bisa dikatakan konsep global adalah kelanjutan dari konsep sosial, yang mana bukan hanya untuk kepentingan pelanggan saja. Konsep ini juga melihat faktor apa saja yang dapat mempengaruhi langkah pemasaran tersebut. Tujuannya adalah agar semua pihak mendapat manfaat dari proses yang dilakukan, baik itu dari konsumen atau dari semua pihak yang berpartisipasi dalam proses produksi dan pemasaran.

Pada intinya, konsep pemasaran meliputi tiga hal penting, yaitu lingkungan produksi, pemasaran dengan SMS masking Indonesia dan konsumen. Jika anda sudah menerapkan semua konsep diatas dengan benar, maka hal tersebut akan membantu untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Begitu juga sebaliknya, jika anda melakukan konsep asal-asalan, makan kemungkinan usaha yang dijalankan tidak akan bertahan lama. Yang jelas, tujuan utama dari semua konsep yang ada adalah untuk meningkatkan penjualan sehingga mendapat profit yang optimal.

News Feed