by

Manfaat Kipas Angin Model Berdiri Dalam Kehidupan Sehari-hari

Sudah bukan rahasia lagi jika kipas angin menjadi suatu alat elektronik yang memiliki peran sangat penting. Hampir setiap rumah memiliki kipas angin untuk mengusir hawa panas terlebih di musim kemarau. Kipas angin memiliki jenis sangat banyak diantaranya kipas angin model berdiri, model duduk, dinding, serta portable. Masing-masing tentu memiliki kelebihan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Komponen utama kipas angin

Kipas angin ini dalam menjalankan fungsinya memiliki beberapa komponen penting sehingga fungsinya terhambat jika salah satu komponen mengalami kerusakan. Lalu apa saja komponen utama dari kipas angin? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Motor penggerak

Komponen pertama dan utama dari kipas angin termasuk kipas angin model berdiri adalah motor penggeraknya. Motor penggerak ini berfungsi untuk menggerakkan baling-baling sehingga angin pun bisa dihasilkan.

  1. Baling-baling

Ini merupakan bagian kipas angin yang membuat angin muncul. Baling-baling ini biasanya dilindungi oleh sebuah pelindung yang disebut rumah kipas demi keamanan agar baling-baling tidak mudah rusak.

  1. Rumah motor

Selain rumah kipas ada pula rumah motor yang berfungsi utuk tempat dudukan motor penggerak.

  1. Dudukan kipas angin

Ini merupakan bagian untuk menyangga kipas angin agar tidak mudah jatuh. Biasanya pada dudukan ini juga terdapat tombol on off serta pengatur tingkat kecepatan angin.

Manfaat dari kipas angin untuk kehidupan sehari-hari

Manfaat kipas angin termasuk kipas angin model berdiri tidak hanya membuat ruangan menjadi lebih sejuk namun juga memiliki manfaat lain diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Menghasilkan udara yang lebih sehat

Selain menghasilkan udara yang sejuk, kipas angin ternyata juga menghasilkan udara yang sehat. Udara yang sehat sangat dibutuhkan untuk bernafas. Tanpa udara yang sehat manusia tentu tidak akan hidup. Selain itu, penggunaan kipas angin dianggap lebih menyehatkan dibandingkan AC meski sama-sama sebagai penyejuk ruangan.

  1. Menghindarkan bau pengap

Manfaat lain dari kipas angin adalah untuk menghindarkan dari bau pengap yang mengganggu pernafasan. Bau pengap ini bisa terjadi tatkala tidak ada pertukaran udara yang terjadi. Alhasil udara kotor pun tidak bisa berganti dengan udara bersih ketika ruangan tidak terbuka. Kipas angin ini sangat efektif digunakan meski di dalam ruangan yang terbuka sekalipun.

  1. Lebih hemat biaya listrik

Inilah alasan banyak orang yang memilih kipas angin dibandingkan dengan AC. Hampir semua kipas angin kini telah menerapkan teknologi khusus yang memungkinkan penggunaannya tidak memakan daya listrik yang banyak. Tercatat hampir semua kipas angin memakan daya listrik maksimal 50 watt meski digunakan terus-menerus.

  1. Dapat dipindah

Ini merupakan manfaat sekaligus keuntungan menggunakan kipas angin. Kipas angin bisa dipindah dengan mudah ke tempat yang Anda inginkan kapanpun Anda mau. Pun juga dengan bobotnya yang ringan tidak terlalu memakan tempat yang luas.

Itulah beberapa ulasan mengenai komponen dan manfaat kipas angin tak terkecuali kipas angin model berdiri yang banyak digunakan masyarakat. Meski mudah digunakan namun juga harus dibarengi dengan perawatan yang baik. Tentunya agar kipas angin bisa awet dan tahan lama. Bagi Anda yang ingin membeli kipas angin tak ada salahnya untuk mengunjungi JD.ID.

JD.ID menawarkan berbagai produk kipas angin original dengan kualitas terbaik serta harga yang terjangkau. Selain itu, ada garansi bagi setiap produk dengan minimal garansi satu tahun. Menariknya lagi ada promo diskon secara berkala serta ada gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Ayo segera lengkapi kebutuhan Anda dengan berbelanja di JD.ID.

News Feed