by

Memilih Jurusan Kuliah: Passion VS Prospek Kerja

Untuk kamu hampir lulus SMA atau SMK pasti saat ini sudah mulai mencari Universitas atau kampus. Selain  mencari universitas yang baik tentu kamu saat ini sedang bingung dengan pilihan jurusan. Saat memilih jurusan merupakan momen yang paling membingungkan.

Kamu tidak bisa memilih jurusan hanya karena kamu suka saat itu. kamu juga harus memikirkan peluang karir nantinya setelah lulus kuliah. Tidak sedikit orang yang sulit mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah. Penyebabnya adalah karena salah jurusan.

Jurusan yang dipilih pun sebaiknya diambil di kampus yang bonafide. Misalnya, lulusan jurusan psikologi dari kampus Indonesia terbaik akan lebih diminati oleh perusahaan.

Untuk itu, sebaiknya saat memilih jurusan kamu memikirkannya dengan matang. Tips untuk memilih jurusan  kuliah berikut ini perlu kamu baca dan praktikkan. Apa saja tipsnya? Terus scroll ke bawah ya.

Melihat Potensi Dirimu

Tips pertama untuk memilih jurusan kuliah yang sesuai tentunya dengan melihat potensi dalam diri sendiri. Sebaiknya pahami dulu dan kenal lebih dalam apa potensi dalam diri kamu. Dengan menggali potensi diri maka kamu akan dengan mudah menentukan jurusan kuliah.

Sebagai contoh apabila kamu memiliki potensi dalam bidang seni maka pilihlah jurusan yang berkaitan dengan seni. sama halnya jika kamu memiliki potensi yang tinggi dalam bahasa asing maka kamu bisa memilih jurusan sastra bahasa asing.

Dengan memilih jurusan yang sesuai dengan potensi diri maka kamu tidak akan kesulitan saat perkuliahan nanti. Dengan begitu semua materi yang didapatkan dapat terserap dengan baik. Selain itu kamu juga bisa mengaplikasikannya dengan mudah.

Lihat Passion Diri

Selain melihat potensi diri kamu juga harus melihat passion atau minatmu. Akan sangat mudah dalam memilih jurusan kuliah apabila kamu memiliki potensi serta minat dalam bidang yang sama. Misalnya saja kamu memiliki potensi serta ketertarikan yang tinggi terhadap bidang science.

Tentu akan sangat mudah bagimu untuk dapat memilih jurusan. Lain halnya apabila minat dan potensimu berbeda. Maka kamu harus memilih salah satu. Alangkah baiknya jika memilih sesuai minat.

Karena jika kamu memiliki minat yang tinggi dalam satu bidang maka untuk dapat mempelajarinya akan lebih mudah. Namun pastikan juga bahwa kamu yakin kamu memiliki minat yang tinggi.

Melihat Prospek Kerja

Pentingnya kamu tahu bahwa setiap jurusan memiliki prospek atau peluang kerja tersendiri. ada jurusan yang menjanjikan prospek kerja yang cukup baik namun ada juga yang tidak. Untuk itu sebelum menentukan dan memilih jurusan sebaiknya kamu melihat peluang kerja yang ada pada jurusan tersebut.

Kamu juga sebaiknya melihat data alumni yang ada. Data alumni bisa membantumu untuk mendapatkan informasi peluang kerja. Lihatlah pekerjaan apa saja yang dapat dimasuki oleh alumni jurusan tersebut.

Sesuaikan Biaya Kuliah

Meski dari satu universitas yang sama, tidak semua biaya kuliah sama. Beberapa jurusan memiliki biaya kuliah yang lebih tinggi. Misalnya saja pada universitas A, untuk jurusan bahasa asing harganya akan lebih tinggi dibanding jurusan hukum.

Hal ini biasanya berlaku untuk semua universitas. Perbedaan biaya terjadi karena fasilitas yang digunakan juga berbeda. Akreditasi dari fakultas juga menentukan harga dari biaya kuliah.

Oleh sebab itu sebaiknya kamu menyesuaikan biaya kuliah dengan jurusan yang kamu ambil. jangan sampai karena memilih sebuah jurusan dengan biaya mahal kamu akan kesulitan dalam hal pembiayaan.

Selain dapat membebani orang tuamu, kamu juga terancam putus kuliah. Oleh sebab itu sebaiknya pikirkan dan sesuaikan jurusan yang kamu ambil dengan biaya kuliah. Pilihlah yang sesuai budget dan kantong orangtuamu.

Jangan Ikut-ikutan

Tips yang terakhir untuk memilih jurusan kuliah adalah dengan tidak melihat temanmu. Dunia perkuliahan sangat berbeda dengan dunia sekolah. Meski kamu membutuhkan teman tapi kamu tidak bisa memilih jurusan hanya karena teman.

Jangan memilih sebuah jurusan hanya karena temanmu ada di sana. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan teman saat perkuliahan nanti. Jadi sebaiknya jangan ikut temanmu saat menentukan jurusan kuliah.

Alasan lainnya adalah karena belum tentu potensi dan minat mu sama dengan temanmu. Alangkah baiknya jika kamu mengikuti kata hati serta potensi dirimu sendiri.

Lakukan Survei

Memilih jurusan adalah dengan melakukan riset. Lakukan riset kecil-kecilan untuk mencari tahu apakah jurusan pilihanmu memiliki potensi karir yang baik. Setelah itu kamu juga harus melakukan riset tentang Universitas mana saja yang memiliki jurusan pilihanmu.

Sebaiknya juga kamu diskusikan dengan masalah ini dengan ahlinya. akan sangat beruntung apabila kamu memiliki orang tua yang paham tentang pemilihan jurusan kuliah. Jika tidak kamu bisa bertanya kepada kakak kelas, saudara atau orang lain yang memiliki pengalaman.

Setelah melakukan riset kecil-kecilan kamu juga sebaiknya mengunjungi kampus tersebut. Lihatlah suasana kampus dan fakultas pilihanmu. Dengan begitu kamu akan mendapatkan atmosfer serta informasi yang jelas tentang jurusan pilihanmu.

News Feed