by

Mengenal Bahan Rayon Twill yang Tersedia di Toko Kain MC Texstyle

-Bisnis-46 views

Bahan Cotton twill adalah jenis bahan dengan pola tenun populer yang ditandai dengan garis diagonal pada permukaan kain. Katun twill menghasilkan kain yang kokoh bahkan, denim, chino, gabardine, dan kain drill adalah semua jenis kain twill yang sering kamu lihat sebagai bahan celana populer. Nah, untuk kamu yang lagi cari bahan yang satu ini kamu bisa langsung cek MC Texstyle.

Apa Itu Bahan Cotton Twill?

Lalu apa itu cotton twill? Menurut konveksitopi.id, bahan katun twill adalah jenis bahan yang terbuat dari serat kapas. Kain ini dirajut dengan teknik pola tenun kepar. Sehingga memiliki karakteristik khusus berupa motif diagonal searah/sejajar pada permukaannya.

Tenunan kepar memiliki sisi depan yang berbeda, seringkali berwarna lebih gelap dengan bagian belakang yang lebih terang. Twill memiliki jumlah benang yang tinggi, yang berarti kainnya tidak tembus cahaya, tebal, dan tahan lama. Kain twill jarang di sablon (printing), meskipun beberapa benang berwarna dapat digunakan untuk mendapatkan desain seperti tweed dan houndstooth.

Karakteristik Bahan Cotton Twill

Lalu bagaimana caranya membedakan katun twill dengan jenis bahan lainnya? Tenang, karena kita bakalan ngasih tahu kamu beberapa ciri ciri dan karakteristik dari bahan cotton twill ini.

  1. Sisi depan bahan kain katun twill terlihat jelas pola garis-garis diagonalnya. Sedangkan bagian belakangnya tampak tidak terlalu kentara sehingga sangat mudah dibedakan.
  2. Karena terbuat dari bahan katun sehingga kainnya terasa dingin / sejuk dan tidak panas.
  3. Tenunan membentuk sudut 45 derajat terhadap garis horizontal.
  4. Cotton twill lebih tipis ketimbang jenis kain twill lainnya namun tidak menerawang.

Kelebihan Bahan Cotton Twill

  1. Bahan tidak mudah robek dan kusut
  2. Bahannya tidak menerawang
  3. Daya serap keringat lebih baik
  4. Berbeda dengan denim, bahan cotton twill lebih lembut dan lentur
  5. Serbaguna, dapat digunakan sebagai bahan pembuatan celana, baju, hingga sprei.

Proses Pembuatan Katun Twill

Bahan katun twill terbuat dari kapas katun 100% dengan pola tenun diagonal. Dalam tenunan kepar, setiap benang pakan atau benang pengisi melintasi benang lusi dalam rangkaian jalinan ke kanan atau kiri, membentuk pola garis diagonal yang berbeda. Pola diagonal ini juga dikenal sebagai wale. Pelampung adalah bagian dari benang yang melintasi dua atau lebih benang yang tegak lurus.

Tenunan kepar membutuhkan tiga atau lebih tali pengikat, tergantung pada kerumitannya dan merupakan tenunan paling dasar kedua yang dapat dibuat pada alat tenun yang cukup sederhana.

Tenunan kepar sering ditunjuk sebagai pecahan, seperti 2⁄1, di mana pembilang menunjukkan jumlah tali pengikat yang dinaikkan (dan dengan demikian benang disilangkan: dalam contoh ini, dua), dan penyebut menunjukkan jumlah tali pengikat yang diturunkan ketika benang pengisi dimasukkan (dalam contoh ini, satu).

Pecahan 2⁄1 dibaca sebagai “dua naik, satu turun” (fraksi untuk tenunan polos adalah 1⁄1.). Jumlah minimum harness yang dibutuhkan untuk menghasilkan kepar dapat ditentukan dengan menjumlahkan angka-angka dalam pecahan; untuk contoh yang dijelaskan, jumlah harness adalah tiga. Tenunan kepar dapat dikenali dari garis diagonalnya.