by

Obat untuk Penyakit Radang Sendi

Radang sendi adalah peradangan yang terjadi pada satu atau beberapa sendi, senhingga akan menyebabkan sendi menjaki kaku dan sulit untuk digerakkan. Radang sendi ini bisa juga disebut sebagai Artritis. Penyakit ini muncul karena adanya suatu infeksi ata cidera pada sendi. Infeksi inilah yang menjadi salah satu penyebab yang mempercepat terjadinya proses peradangan. Penyakit ini dapat dialami oleh semua golongan dari anak-anak hingga lansia. Namun biasanya penyakit ini dialami oleh orang yang berusia 65 tahun ke atas.

  • Penyebab radang sendi

Radang sendi bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah penumpukkan Kristal asam urat atau yang biasa disebut dengan gout arthritis. Namun ada beberapa hal lagi yang menyebabkan radang sendi sebagi berikut :

  1. Osteroarthritis

Osteroarthritis merupakan peradangan sendi yang biasanya terjadi pada orang yang berusia lanjut. Pada penyakit ini, bagian ujung tulang rawan yang keras dan licin akan menmpel dengan sendi yang mengalami pengikisan. Penyakit ini dapat disembuhkan namun dengan perlahan dengan melakukan penyambuhan selama berbulan-bulan hingga sampai bertahun-tahun.

  1. Rheumatoid arthritis

Penyakit ini berbeda dengan ostreoarthritis. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit autoimun. Penyakit ini desebabkan oleh system kekebalan tubuh yang menyerang pada lapisan kapsula sendi. Sehingga sendi  akan terjadi peradangan dan pembengkakan

  1. Reactive arthritis atau sindrom reiter

Reactive arthritis adalah penyakit radang sendi yang disebabkan oleh adanya reaksi peradangan yang terjadi pada bagian tubuh yang lain. Berbeda dengan rheumatoid arthritis yang terjadi karena kekebalan tubuh sendiri, [enyakit ini justru terjadi karena peradangan yang terjadi pada diri sendiri juga namun pada bagin tubuh yang lain.

  1. Septic arthritis

Septic arthritis adalah penyakit radang sendi yang disebabkan oleh infeksi, bakteri, virus, atau jamur pada sendi. Septic arthritis ini bisa juga disebut dengan infectious arthritis.

  1. Gout arthritis

Penyakit ini adalah peyakit radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristar asam urat yang terjadi pada sendi. Biasanya penyakit ini dialami oleh para orang yang berlanjut usia dan biasa dialami oleh laki-laki.

  • Faktor resiko radang sendi

Selain beberapa penyebab penyakit radang sendi diatas, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan penyakit radang sendi, meliputi :

  1. Riwayat keluarga
  2. Usia, penyakit radang sendi biasanya terjadi pada orang berusia diatas 65 tahun namun ada juga anak-anak yang mengalami penyakit radang sendi ini.
  3. Riwayat penyakit, seperti asam urat, kekebalan tubuh, adan penyakit infeksi.
  4. Riwayat cedera atau trauma pada sendi
  5. Obesitas
  • Pengobatan radang sendi

Pengobatan dari radang sendi ini bertujuan untuk mengurangi gejala yang muncul dan memperbaiki fungsi dari sendi yan sudah terganggu agar bisa beraktivitas secara normal lagi. Beberapa obat yang biasaya diberikan adalah

  1. Obat anti nyeri, seperti paracetamol
  2. Obat anti peradangan, seperti obat Meloxicam. Namun masi banyak yang tidak mengetahui Meloxicam obat apa. Meloxicam adalah salah satu obat antiinflamasi nonsteroid.
  • Pencegahan radang sendi

Penyakit radang sendi ini dapat dicegah tetapi ada juga yang tidak dapat dicegah tergantun pada penyebab radang sendi sendiri itu. Berikut adalah beberapa pencegahan untuk penyakit radang sendi ini.

  1. Memakan makanan yang sehat, seperti buah, sayut, dan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan kondrotin sulfat, seperti ikan laut dan timun laut.
  2. Menjaga berat badanyang ideal
  3. Selalu rajin berolah raga
  4. Selalu menjaga agar tidak memiliki penyakit autoimun, asam urat, atau infeksi

News Feed