by

Perbedaan dan Pengertian Range Exel dan Cell

Banyak istilah pada Microsoft Excel yang mungkin belum kamu tahu. Salah satunya yang dijumpai adalah range. Apa yang dimaksud dengan range dan cell.

Cell yang sering disebut dengan cell, dan apa sebenarnya mereka serta bagaimana penggunaannya merupakan suatu hal yang penting jika kamu ingin mengoptimalkan pemanfaatan sebuah excel. Apa yang dimaksud dengan range dalam excel adalah entitas yang digunakan dalam sebuah input dan pengolahan sebuah data di excel.

Pengertian Cell Excel

Cell bisa didefinisikan dengan sebagai perpotongan atau dengan pertemuan antara baris dan kolom di excel.

Lembar kerja didalam excel dibagi dengan menjadi baris dan kolom yang digunakan untuk dapat mengelompokkan data kamu. Cell merupakan entitas yang didapatkan dari sebuah pertemuan baris dan kolom itu.

Suatu cell dalam excel biasanya juga berisi dengan suatu data atau hasil pengolahan sebuah data yang kamu lakukan. Dengan adanya sebuah cell, maka pengelompokkan data itu atau hasil tersebut bisa dapat dilakukan dengan sangat mudah. Kamu dapat bisa melihat serta juga bisa mengeceknya tanpa kamu harus kebingungan dengan bagaimana cara memisahkannya agar menjadi sesuatu yang memiliki sebuah arti yang tertentu.

Dan penulisan tersebut melambangkan sebuah koordinat yang dari cell yang bisa kamu referensikan. Huruf di sana melambangkan sebuah kolom cellnya, sedangkan dengan angka melambangkan baris cellnya. Cell yang kamu referensikan berarti yang berada di kolom A dan baris 1 dalam sebuah lembaran kerja kamu Dan berikut beberapa kegunaan cell dalam excel :

  • Pemisah yang jelas antara sebuah data dengan data lainnya
  • Referensi sebuah data ketika kamu menuliskan sebuah rumus
  • Lambang perpotongan atau pertemuan antara suatu baris dan kolom dalam lembaran kerja kamu

Pengertian Range Excel

Secara definisi, range merupakan kumpulan dari beberapa cell. Asalkan terdapat lebih dari satu cell yang kamu referensikan atau kamu pilih, maka iya sudah bisa disebut dengan suatu range.

Gabungan dari beberapa cell yang disebut dengan range ini terkadang sangat dibutuhkan ketika kamu ingin melakukan sesuatu terhadap banyak cell dengan secara sekaligus. Selain itu, iya juga bisa digunakan sebagai sebuah referensi dalam suatu rumus excel yang kamu pakai.

Terdapat 2 koordinat cell dalam penulisan itu yang melambangkan sebuah jangkauan range yang kamu referensikan. Koordinat cell sebelum tanda titik 2 yaitu cell yang paling kiri atas dari rangenya. Koordinat cell yang satunya lagi merupakan cell yang paling kanan bawah dari rangenya. Dalam sebuah contoh range di atas, penulisan tersebut bisa dibaca dengan range dari cell A1 sampai C5. Dan berikut poin-poin kegunaan dari suatu range dalam excel :

  • Referensi lebih dari 1 cell ketika menuliskan sesuatu rumus
  • Lambang koordinat yang lebih dari 1 cell bisa dapat dibaca dengan mudah
  • Media melakukan sesuatu operasi lebih dari 1 cell dengan secara bersamaan

Walaupun pun sangat jarang digunakan, range juga dapat bisa terdiri dari sebuah cell-cell dengan pola yang tidak beraturan.

Perbedaan Sel dan Range

Cell adalah 1 entitas hasil dari sebuah pertemuan baris dan kolom di excel.

Range adalah kumpulan yang lebih dari 1 cell tersebut. Cell merupakan individunya sedangkan dengan range bisa disebut dengan kelompok dari individu itu.

Asalkan terdapat lebih dari 1 cell, maka hal itu sudah dapat bisa disebut dengan range. Di lain pihak, jika hanya terdapat cuma 1 cell saja, maka iya disebut sebagai cell dan bukan lah range.

News Feed