by

Tips Memilih Dokter Umum di Tangerang Selatan yang Terbaik

Saat sakit, pastinya tempat yang dituju adalah ke praktek dokter, puskesmas atau rumah sakit. Puskesmas memiliki poli dokter umum yang menerima pasien hingga jam kerja. Sedangkan untuk rumah sakit beberapa memiliki poli dokter hingga malam hari, ada juga yang hanya sampai sore hari dan memiliki layanan IGD 24 jam. Bagi masyarakat yang merasakan sakit setelah jam kerja atau baru bisa memeriksakan diri setelah jam kerja, akan lebih banyak yang mendatangi praktek dokter dibandingkan kedua fasilitas kesehatan tersebut. selain lokasi praktek dokter yang bisa jadi dekat dengan rumah dan jam praktek yang lebih fleksibel, banyak masyarakat yang sudah memiliki dokter langganan atau dokter keluarga sehingga merasa lebih dekat dan cocok seperti pada dokter umum di Tangerang Selatan yang juga berjumlah cukup banyak dengan lokasi yang tersebar di berbagai titik keramaian.

Bagi Anda yang belum memiliki dokter umum langganan dan merasakan sakit di sore hari atau baru bisa memeriksakan diri di sore hari, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih dokter umum yang praktek di Tangerang Selatan:

  • Asuransi atau BPJS.

Jika Anda hendak menggunakan kartu asuransi kesehatan atau BPJS, pastikan untuk memilih dokter umum yang menjadi rujukan Anda sesuai dengan kebijakan asuransi ataupun BPJS tersebut. Untuk pengguna BPJS, pemilihan dokter umum atau dokter keluarga telah dilakukan sejak Anda melakukan pendaftaran. Namun untuk pengguna asuransi bisa memiliki dokter keluarga sendiri atau melakukan klaim setelah berobat dengan meminta kuitansi dan hasil pemeriksaan.

  • Lokasi.

Saat sakit pastinya Anda tak ingin berlama-lama naik kendaraan. Semakin dekat lokasi dokter umum tersebut akan semakin baik karena Anda bisa sampai dan mengantri lebih cepat untuk bertemu dengan dokter dan memeriksakan diri.

  • Pengalaman.

Meski banyak masyarakat yang tak terlalu memperhatikan riwayat medis dokter umum yang akan dikunjungi, namun bagi sebagian masyarakat lainnya khususnya kalangan menengah keatas, pengalaman dokter tersebut juga perlu diperhatikan apalagi untuk memilih. Anda bisa memilih dokter yang sudah memiliki pengalaman lama sehingga lebih familiar dengan berbagai gejala penyakit dan cepat menentukan diagnosa serta pemilihan obatnya.

  • Dokter praktek rumah atau klinik?

Selain dokter yang praktek di rumah sendiri, ada juga dokter umum yang praktek di klinik. Perbedaan mencolok dari keduanya adalah adanya tambahan biaya misalnya pendaftaran jika berobat di klinik. Namun kelebihannya adalah, dengan berobat di klinik, biasanya sudah tersedia instalasi farmasi sehingga Anda tak perlu mencari apotek lagi untuk menebus obat. Sekarang ini peraturan menteri kesehatan sendiri melarang adanya peracikan obat yang dilakukan oleh praktek dokter kecuali tempat praktek berada di pelosok desa.

  • Jenis kelamin.

Meski bukan merupakan prioritas, namun beberapa orang lebih nyaman untuk berobat dengan dokter laki-laki atau perempuan.

Dengan memperhatikan tips di atas, Anda bisa memilih dengan lebih tepat ke dokter umum di Tangerang Selatan mana yang akan dituju untuk memeriksakan diri dengan lebih cepat, tepat dan nyaman. Meski begitu, semua dokter umum telah memiliki kompetensinya masing-masing sesuai dengan keahlian dan pengalamannya. Gaya berkomunikasi dengan pasien juga kerap menjadi faktor pemilihan apalagi untuk pasien anak-anak yang memerlukan kesabaran ekstra untuk bisa meminta mereka melakukan apa yang dibutuhkan dalam menegakkan diagnosa. Selain pergi ke praktek dokter umum, Anda juga bisa menuju ke Instalasi Gawat Darurat rumah sakit apalagi jika sakit terjadi di malam hari untuk mendapatkan penanganan yang lebih cepat dan lengkap.

News Feed